Ticker

6/recent/ticker-posts

Jenius! Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan Hideo Kojima!

 


Pasti kalian pernah mendengar nama Hideo Kojima. Ya, beliau adalah salah satu kreator game terbaik yang ada di dunia saat ini. Game Creator yang berasal dari Jepang ini merupakan otak dibalik kesuksesan game Metal Gear yang melekat pada dirinya. Ya, seri Metal Gear berhasil tampil ciamik dan mendapatkan respon yang luar biasa positif dari para gamer serta franchise tersebut juga yang membuat nama Kojima dikenal banyak orang.

Tak hanya Metal Gear saja, Kojima juga mendapatkan banyak apresiasi dari para gamer, karena keberaniannya untuk menciptakan sebuah game yang tentunya berbeda serta inovasi-inovasi uniknya dalam industri video game. Dengan pandangan seperti itu, banyak gamer yang menganggap Kojima adalah sosok yang jenius.

Pada artikel kali ini kami akan membahas profil singkat dari seorang Hideo Kojima, jadi simak baik baik yaa artikelnya :).


Kehidupan Awal dan Karir

Lahir di Tokyo pada tahun 1963, Kojima merupakan anak paling muda dari tiga bersaudara. Namun, di awal-awal kehidupannya, kehidupan Kojima tidak seperti anak-anak yang lain. Ya, setiap keluarganya sedang menonton film, Kojima tidak diizinkan untuk tidur sampai film tersebut selesai. Kojima juga sering  tugaskan untuk menjaga rumah ketika keluarganya sedang bepergian. Benar, Kojima kecil harus tinggal sendirian di rumah yang membuatnya merasa sangat kesepian kala itu.



Dari kecil, Kojima berminat menjadi seorang seniman, film maker, ataupun seorang illustrator. Tetapi semuanya tidak berjalan mulus karena terhalang oleh norma dan hal lainnya. Perlu diketahui lingkungan tempat Kojima tinggal lebih mendukung orang yang bekerja secara normal dengan gaji yang tetap dibanding di dunia industri kreatif.

Dalam membangun karirnya, Kojima sering membuat sebuah tulisan yang selalu tidak mendapatkan respon yang bagus dari berbagai majalah hingga dia akhirnya beralih ke industri film. Untuk melakukan hal tersebut, Kojima mengajak temannya yang memiliki kamera.

Meskipun mempunyai keinginan yang kuat untuk menjadi seorang sutradara, minatnya terhadap video game tidak bisa disangkal. Ketika kuliah, Kojima suka sekali bermain game. Sampai pada tahun keempat masa kuliahnya, Kojima memutuskan untuk bekerja di industri video game. 

Hal yang menjadi inspirasinya untuk terjun ke industri game saat itu adalah Shigeru Miyamoto, yang merupakan pencipta dari Super Mario Bros.

Shigeru Miyamoto, beliau merupakan inspirasi Hideo Kojima untuk terjun ke industri video game.


Penolakan dan Karya Pertama

Tekad serta keinginan untuk terjun ke industri video game membuat Kojima akhirnya bergabung dengan Konami. Pada tahun 1986 Kojima memulai karir sebagai desainer perencana untuk mengembangkan sebuah game pada platform PC saat itu. Dan pada awal karirnya ide yang Kojima buat sering diabaikan. 

Cobaan semakin berat untuknya, karena Kojima sama sekali tidak familiar dengan dunia pemrograman. Kegagalan terus dialami olehnya sampai membuat dirinya ingin pindah dari Konami namun ia tidak bisa.

Selama di Konami, Kojima mengerjakan berbagai proyek seperti Antartic Adventure, Penguin Adventure, dan Lost World. Namun semuanya tidak mendapatkan hasil yang diharapkan sehingga akhirnya Kojima berhasil merampungkan proyeknya sendiri yaitu Metal Gear pada PC MSX2.

Metal Gear mengalami sukses besar kala itu berkat ide Kojima yang nyeleneh yang mana gamer akan menjadi seorang pasukan khusus bernama Solid Snake. Game ini juga merupakan salah satu contoh pengaplikasian mode Stealth pada masa itu.


Kesuksesan besar dari Metal Gear menuntun Kojima menuju proyek selanjutnya yaitu Snacther yang ditujukan untuk platform NEC PC-8801 dan MSX2 di Jepang pada tahun 1988. Game ini juga terinspirasi dari karya fiksi seperti Akira, Blade Runner, bahkan The Terminator. Walaupun dikerjakan dalam waktu yang singkat, game ini berhasil mendapatkan kesan positif dari berbagai pihak. Game ini dipuji dari berbagai aspek seperti tampilan visual, soundtrack, hingga cerita yang bagus. 


Metal Gear dan Game Setelahnya

Kejeniusan seorang Hideo Kojima dalam membuat franchise Metal Gear memang tak perlu diragukan. Tak hanya sebatas dalam Metal Gear saja, pada tahun 2001 Kojima sempat-sempatnya menggarap sebuah game yang diadaptasikan dari sebuah anime yaitu, Zone of Enders yang menuai kesuksesan besar. 

Tahun 2003, Hideo Kojima berhasil merilis game dengan judul Boktai: The Sun Is In Your Hand yang dirilis untuk platform Game Boy pada saat itu. Kojima semakin menjadi-jadi ketika dia mencetuskan ide agar karakter Solid Snake hadir di game Super Smash Bros Melee. Tapi sayangnya, pihak Nintendo menolaknya meskipun sekarang karakter Snake masuk di dalam Super Smash Bros Brawl.

Tak hanya itu, di tengah kesibukkannya dalam mengembangkan seri Metal Gear, Kojima juga memiliki kesibukan lain untuk menggali potensinya. Dia berujar sebelum gelaran E3 2009 bahwa Kojima ingin bekerja sama dengan pengembang game dari barat.

Dan hasilnya, Kojima sukses bekerja sama dengan developer asal Spanyol, MercurySteam untuk mengerjakan proyek game berjudul Castlevania: Lords of Shadow. Pekerjaan Kojima berlanjut di tahun 2012 dimana dia tertarik untuk mengerjakan seri Silent Hill.

Pada akhirnya semua fans mengetahui bahwa game Silent Hill yang dimaksud adalah Sillent Hill P.T. Saat ditawari proyek ini, Kojima merasa dirinya ragu untuk mengerjakan game horror tersebut dikarenakan Kojima memang takut akan hal yang berbau horror.

Sayangnya, game ambisius ini harus kandas di tahun 2015. Proyek Sillent Hill P.T resmi dibatalkan diikuti dengan kabar bahwa Kojima harus berpisah dengan Konami setelah berbagai masalah terjadi. Setelah keluar dari Konami, Kojima mendirikan studionya sendiri yang bernama Kojima Production dan merilis game pertama mereka pada November 2019 yaitu Death Stranding. 

Pencapaian

Sebagai seorang Game Creator, Hideo Kojima sudah menciptakan banyak karya selama karirnya. Pencapaian yang ia raih pun tidak main-main. Pada 2002, Newsweek menyebut bahwa Kojima merupakan Top 10 orang teratas pada tahun tersebut. 

Pencapaiannya terus berlanjut pada tahun 2008 dimana ia berhasil menduduki peringkat 7 sebagai Hot 100 Developers 2008. Tahun 2009, IGN menempatkan Kojima di urutan ke-6 sebagai seorang Game Creator terbaik sepanjang masa. 

Kojima juga mendapatkan Lifetime Achievment Awards 2008 pada MTV di Game Awards 2008. Pada tahun 2016, Kojima menerima AIAS Hall of Fame Award pada D.I.C.E Award 2016. Ditahun yang sama Kojima juga mendapatkan di ajang Game Awards 2016 sebagai icon industri. Pada 2017, Kojima berhasil meraih Lifetime Achievment Award pada Brazil Gameshow 2017. Dan terakhir Kojima berhasil menerima penghargaan sebagai game dengan narasi terbaik pada ajang The Game Awards 2019 untuk game buatannya yaitu Death Stranding.


Itu dia kisah singkat mengenai salah satu Game Creator terbaik di dunia yaitu Hideo Kojima. Berkat tangan dinginnya kita bisa disuguhkan dengan karya-karyanya yang sangat memorable hingga saat ini. Bagaimana menurut kalian mengenai sosok Hideo Kojima ini? Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar yaa...

Posting Komentar

0 Komentar