Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! 3 Aplikasi Pembuat Animasi Untuk Pemula

 


JagadMedia - Hai sobat jagadians! Kali ini kita bakal ngebahas seputar software untuk membuat animasi nih!

Bagi kalian yang gemar membuat animasi atau bahkan memiliki cita-cita sebagai animator tentunya harus mengasah skill agar lebih mumpuni lagi dalam membuat sebuah karya animasi. Maka dari itu, berikut 3 aplikasi pembuat animasi untuk pemula


Synfig Studio

 


Synfig Studio adalah software dengan basis opensource yang digunakan untuk merancang animasi 2D. Perangkat lunak ini mendukung frame animasi tanpa membuat user menggambar di setiap gambarnya. Pembuatan animasi dalam software ini sederhana karena menggunakan teknik animasi morphing dan cutout. Fitur dalam software ini yaitu yaitu Toolbox, Canvas, dan Panels. Hasil akhir dari pembuatan animasi di Synfig Studio sendiri adalah format file XML dan dapat juga di ekpor menjadi format file GIF, MPG, FLV. Sofware ini sendiri dapat diakses melalui Windows, Mac, dan Linux.


Pencil2D

 


Pencil2D merupakan salah satu software animasi sederhana. Sofware animasi frame-by-frame ini dapat membuat video 2D yang digambar dengan teknik hand-drawn. Software open source ini juga gratis loh! untuk digunakan secara pribadi juga komersial, cocok untuk kalian yang mau belajar membuat animasi terutama pada PC Desktop atau Laptop.

Fitur-fitur yang dimiliki dalam software ini yaitu mampu mengimpor gambar dan audio, juga mengekspor gambar mp4, avi atau gif animasi, kustomisasi toolbar, tersedia dalam berbagai bahasa didalamnya. Sofware ini sendiri dapat diakses melalui Windows, Mac, dan Linux.


OpenToonz

 


Opentoonz adalah salah satu software animasi video 2D yang populer. Software dengan program opensource juga bebas biaya ini kaya akan fitur namun mudah digunakan pada saat yang sama. Fitur dalam software ini yaitu alat gambar berbentuk digital, Colour pallete, effect and compotion, motion tracking, scan and cleanip, frame-by-frame dan masih banyak lagi. Sama halnya dengan Pencil2D, Opentoonz juga dapat diakses melalui Windows, Mac, dan Linux.







Gaada yang gamungkin kalau kita mau belajar dan mencoba. Semangat para calon animator! Semoga beberapa rekomendasi software diatas dapat membantu untuk meningkatkan skill kalian. Kasih komentar kalian ya mengenai artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya :D !


Posting Komentar

0 Komentar