Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk Intip! 5 Tips Untuk Mengembangkan Blog Bagi Blogger Pemula

 



JagadMedia - Kalian yang hobi menulis dan membagi info-info menarik ataupun pengalaman yang kalian miliki kepada masyarakat luas tentunya tau salah satu platform yang tepat untuk menumpahkan semua itu. Yap, platform tersebut dikenal sebutan blog. Banyak penyedia layanan blog gratis seperti : (a). tumblr.com, (b) blogger.com, (c) wordpress.com, semua layanan tersebut dapat kita manfaatkan untuk mengembangkan blog yang kita miliki. Oleh karena itu, disini kita akan membahas tips untuk mengembangkan blog bagi blogger pemula


1. Tentukan tujuan dalam memulai sebuah blog

Hal utama saat akan menulis sesuatu adalah kita harus tau terlebih dahulu visi dan tujuan kita dalam pembuatan blog yang kita miliki. Sama halnya saat kita akan membangun sebuah proyek ataupun usaha. Agar tidak asal-asalan dan terarah mengenai apa yang kita akan buat.

2. Memilih platform yang akan digunakan

Banyak penyedia layanan blog gratis di internet, salah satunya yang terkenal adalah WordPress, dimana platform ini memberikan kesempatan bagi pemula untuk meng-hosting sendiri situs blog penggunanya. Layanan ini juga ramah pengguna, bagus untuk mesin pencari, dan sangat dapat disesuaikan.

3. Menabung Pengalaman & Mendesain Blog

Tip terpenting bagi pemula adalah dengan meluangkan waktu untuk menabung pengalaman. Pengalaman yang sekiranya dapat dibagikan dan bermanfaat. Kemudian, agar terlihat menarik blog yang kita miliki harus kita desain sedemikian rupa, tidak apa-apa dengan desain sederhana ataupun heboh asalkan kita yakin jika pengunjung blog nyaman dengan desain yang kita buat, atau dapat meminta saran juga kepada pengunjung. Dalam mendesain sebuah blog juga tidak sembarangan ada hal-hal yang harus perhatikan, seperti :

 

-  Ukuran teks harus dapat dibaca di semua perangkat (desain web yang responsif akan membantu dalam hal ini).

-  Elemen desain harus konsisten dengan identitas merek Anda.

-  Konten Anda harus menjadi fokus. Hindari kekacauan di halaman.

4. Postingan Blog Tidak Boleh Sembarangan

Pengunjung blog akan terus bertambah setiap harinya. Maka dari itu, kita tidak boleh sembarangan memosting sesuatu. Penilaian terhadap kualitas penulisan, konten yang relevan adalah kuncinya.

5. Membuat Daftar Topik Untuk Ditulis

Sebagai pemula blog, tentunya kita harus mempersiapkan banyak ide topik untuk dibagikan. Hal itu dilakukan agar tidak membuat kita bingung mengenai apa saja yang di posting per minggu nya. Dalam hal posting blog, tidak perlu setiap hari, dengan satu blog per minggu dapat membuat pembaca semangat menunggu topik blog selanjutnya. Asal hal yang kita bagikan menarik dan bermanfaat.





Semangat kalian para blogger pemula! Mulailah dari sekarang jangan menunda-nunda, kembangkan terus bakat menulis yang kalian miliki :D

See u on the next article

Posting Komentar

0 Komentar