Ticker

6/recent/ticker-posts

Cup-Bearer, pekerjaan sepele yang ternyata berpengaruh besar pada zaman dahulu

 

Ilustrasi Cup-Bearer pada jaman Yunani Kuno

    Hello Jagadians! Kali ini kita akan membahas tentang Cup-Bearer. Wah, apaan tuh? Jika di artikan dalam Bahasa Indonesia, Cup-Bearer ini mempunyai arti berupa penuang minuman.Mungkin kita akan beranggapan, gimana ceritanya pekerjaan yang gampang tinggal menuang minuman ini dapat berdampak besar pada sebuah kerajaan atau negara pada jaman dulu.Namun ternyata, mereka ini memiliki dampak yang lumayan besar.

    Sebenarnya, tugas Cup-Bearer ini adalah untuk melindungi raja atau para petinggi di suatu negara atau kerajaan agar terhindar dari ancaman keracunan.Karena Cup-Bearer ini memiliki tanggung jawab yang besar, urusan dapur dan makanan kerajaan di istana adalah tanggung jawabnya. Mereka yang memiliki pekerjaan ini biasanya juga memiliki posisi tinggi pada kerajaan tersebut, bukan golongan rendah seperti budak atau warga biasa seperti yang digambarkan di era sekarang.Karena itulah, Cup-Bearer juga mampu memiliki pengaruh terhadap beberapa kebijakan raja terhadap negaranya sendiri.

    Seperti pada masa Dinasti Ptolemy (dinasti yang berasal dari seorang Jendral Yunani pada jaman Alexander yang menguasai Mesir), para penuang minuman ini memiliki heliograph (aksara kuno Mesir) sendiri.Bahkan sebelum itu, pada masa Persia di pimpin oleh Artaxerxes I, seorang bernama Nehemiah, menjadi penuang minuman pribadi sang raja selama bertahun-tahun sampai raja akhirnya menunjuk dia sebagai gubernur di salah satu provinsi Persia yang berpusat di Jerusalem.Dua kisah ini membuktikan bahwa hanya orang tertentu dan terpercaya saja yang bisa mendapatkan posisi ini.

Ilustrasi penuang minuman dimasa Persia Kuno

    Peran Cup-Bearer ini juga bisa lebih dari itu. Terkadang ia juga dapat sebagai penyimpan rahasia sang raja atau teman curhat si raja.Makanya, di beberapa keadaan terkadang raja lebih mendengarkan si penuang minuman ini dibanding oleh kerabatnya atau penasihatnya sendiri.Jika si penuang minuman ini sudah berumur atau lebih senior dibanding rajanya yang masih muda, raja dapat meminta nasihat dari si penuang minuman senior ini yang memiliki banyak pengalaman selama menjabat sebagai Cup-Bearer di masa raja sebelumnya.

Ilustrasi membawakan minuman kepada raja

    Tentu, dengan memiliki relasi yang dekat kepada raja, membuat pekerjaan ini memiliki resiko yang tinggi.Karena mereka bertugas juga sebagai food taster sang raja, membuat nyawanya terancam setiap saat jika makanan atau minuman tersebut mengandung racun.Ditambah beberapa kerabat raja yang mungkin saja iri melihat kedekatan sang penuang minuman ini kepada raja, bisa saja membuatnya terbunuh.

Posting Komentar

0 Komentar