Ticker

6/recent/ticker-posts

Suka duka menjadi solo game developer

Hallo sobat jagad~ Banyaknya game yang tersebar di seluruh dunia ini membuat kita tahu bahwa dibalik semua itu ada developer - developer yang berjuang untuk bisa membuat dan mengembangkan game tersebut. Selain itu pengembangan serta improvement pada suatu game yaitu tanggung jawab seorang developer game juga maka demikian dibalik semua itu ada cerita manis pahitnya dalam mengelola game, maka akan saya rangkum inilah beberapa suka duka menjadi solo game developer :

1. Memikirkan konsep dan jalan cerita sendiri


Sudah jelas bagi solo game developer harus memikirkan sebuah konsep gamenya sendirian, proses itu juga membuat para solo game developer malas untuk melanjutkan konsep bahkan susah menentukan konsep yang bagus untuk game yang akan dibuatnya,

2. Proses pembuatan yang sangat amat lama


Waktu yang lama dalam pengerjaan suatu game akan menjadi makanan sehari - hari bagi para solo game developer. bukan hanya itu saja, para developer juga harus membuat segala object yang ada pada game sendirian, yang mana itu bisa menghabiskan waktu seharian penuh jika sudah diniatkan dari awal.

3. Bersabar dalam menghadapi sebuah bug & error


Seorang yang ahli dalam membuat game juga akan menemukan masalah yang sama, yaitu bug ataupun error. Apalagi para solo game developer ini harus mencari permasalahannya sendirian dan mungkin akan memerlukan waktu yang lebih lagi dalam mengerjakan sebuah game.

4. Jarang memperbaiki bug yang ada dalam game yang telah dibuat


Biasanya para solo game developer, jika dia sudah membuat game yang menurutnya sempurna, dia tidak akan kembali mengurus gamenya tersebut. Para developer ini akan fokus pada konsep game yang baru dan juga tantangan yang baru sehingga bug yang ada pada game sebelumnya tidak diperbaiki.

5. Mendapat bayaran yang tidak akan dibagi kesiapapun


Ya! para solo game developer akan mendapatkan semua hasil kerja kerasnya itu sendiri, tidak akan dibagikan seperti layaknya para Developer Tim yang sudah terkenal.

6. Fokus dalam suatu konsep game dan sesuai dengan harapan


Fokus dalam membuat konsep game akan memberikan kesenangan tersendiri terhadap para solo game developer, selain itu apapun yang dipikirkan tentang konsep yang akan dibuatnya tidak akan terganggu dan biasanya akan sesuai dengan harapan yang dia tuju.

7. Tidak memiliki deadline yang telah ditentukan


Biasanya para solo game developer tidak akan terganggu waktunya oleh client atau siapapun dia akan membuat game dengan keinginan sendiri dan memproduksinya kapanpun yang ia mau.

8. Fokus pada game yang telah dibuat


Setelah para solo game developer fokus pada game yang akan dibuatnya maka game tersebut akan mendapatkan hasil yang sempurna dan biasanya akan memberikan daya tarik dan ciri khasnya tersendiri yang sesuai dengan style nya masing - masing.

Setiap game yang kita mainkan tentu ada kerja keras para developer game untuk bisa menata dan memperbaiki gameplay miliknya sehingga bisa dapat kita mainkan dengan nyaman dan seru, maka dari itu kita harus memberikan respect serta apresiasi kepada para developer apalagi solo developer, supaya mereka tetap semangat dalam mengembangkan gamenya. Terimakasih sobat jaga~

Posting Komentar

0 Komentar