Ticker

6/recent/ticker-posts

Kisah singkat perjalanan Markus Persson sebagai pembuat game Minecraft

Markus persson, menciptakan Game pertamanya di usia 8 tahun


Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan game Minecraft. Yap! Game menarik berbentuk kubus dimana karakter hingga semua yang ada didalam permainan itu berbentuk kubus bahkan tidak ada garis lengkungan yang terlihat sedikit pun. permainan strategi ini dapat mengontrol karakter untuk menyelesaikan tugas seperti membuat bangunan, menebang pohon dan masih banyak tugas lainnya. 

Dibalik keseruan game ini, pernah ngga sih penasaran kenapa game ini berbentuk kubus. Kenapa ngga karakter 3D aja biar lebih realistis? dan apa yang menginspirasi creator dalam membuat game minecraft ini.

Markus Persson dalang dibalik game Minecraft

Kebanyakan orang tidak bisa berdiam lama menatap layar komputer yang dipenuhi warna dan angka, namun bagi Markus itu merupakan salah satu kesenangannya. Ia sangat suka permainan Dwarf Fortress yang dipenuhi dengan angka, huruf dan simbol.

Markus persson atau biasa disebut Notch pada saat itu hanyalah anak biasa yang memulai program nya pada umur 7 tahun menggunakan commodore 128 milik ayahnya. Dalam jangka setahun ia sudah menghasilkan game pertamanya.

Pada tahun 2009 bekerja di Jalbum sebagai programmer. 4 tahun sebelum akhirnya markus memunculkan game buatannya, ia juga pernah menjadi pengembang game di Developer King. Sebelum memutuskan untuk fokus pada Minecraft, Notch mengisi waktu senggangnya untuk mengerjakan beberapa prototype yang ter inspirasi dari game-game populer. Namun tidak lama dari itu ia mulai memfokuskan waktunya di Minecraft.

Pada Mei 2009 Notch membuat edisi pertama Minecraft, versi Java. Game ini memasuki publik pada 17 Mei di forum pengembang game independent, TIGsource. Setelah mendapat dukungan dari rekannya, Notch memperbarui versi tersebut menjadi versi klasik. Beberapa pembaruan telah terlewati Minecraft berhasil merilis versi Alpha pada 30 Juni 2010. Tepat pada 18 November 2011, Minecraft berhasil merilis full version dari game tersebut. Dan itu menghasilkan buah yang bagus, game yang ia buat sangat sukses.

Setelah berhasil menciptakan Minecraft dan telah terjual puluh jutaan copy, Microsoft membeli Minecraft dengan harga $2,5 miliar tepatnya pada tahun 2014. Awalnya para pemain sejati Minecraft tidak menerima keputusan itu karena tidak lagi dipegang oleh creator aslinya bahkan tidak jarang pemain khawatir jika Microsoft akan merubah keseruan dalam permainan. Namun rasa khawatir itu terlupakan karena Microsoft tetap mempertahankan nuansa aslinya.  

Notch membuat game ini pada tahun 2009 yang semula bernama cave game. Game ini cukup berbeda dengan game online kebanyakan. Notch membuat semuanya berbentuk kubus. Misi pada game ini yaitu bertahan hidup dari serangan musuh dan menulusuri dunia lebih luas.

Minecraft menyiapkan game ini versi Xbox 360, Ipad dan Iphone, hingga hadir di PlayStation. Mengetahui bahwa game ini menjadi game PC terlaris pada masanya, tak heran pemain yang memainkan game Minecraft pun hadir dari berbagai kalangan. Namun anak-anak berusia dibawah 15 tahun menjadi demografi terbesar game ini.

Keberhasilan game ini tidak hanya memberikan keuntungan pada creator, melainkan banyak dari youtuber dan influencer yang menggunakan game ini sebagai bahan konten di sosial media. Mulai dari memberi trik cara bermain yang handal, atau hanya membiarkan penonton melihat ia memainkan game tersebut.

Apakah kalian pemain Minecraft sejati? Hmm... sudah sejauh mana kalian menjelajahi dunia yang dipenuhi dengan kubus? Apakah kalian termasuk orang yang rela meluangkan waktu untuk memainkan game ini? komen di kolom reply yaa😊

 

 


Posting Komentar

0 Komentar