Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Tips Utama Agar Cepat Memahami Materi Kuliah

 


JagadMedia - Materi kuliah merupakan salah satu sumber pengetahuan penting yang harus terus dipelajari agar apa yang disampaikan oleh dosen tidak langsung cepat menghilang diingatan para mahasiswa/i. Seringkali, mahasiswa/i menyepelekan materi kuliah sehingga berujung pada ketidakpahaman dan ketidaktahuan terhadap materi yang disampaikan atau bahkan ada yang memang tidak mengerti tapi sungkan untuk bertanya atau hanya diam saja. Oleh karena itu aku mau bagiin tips utama agar kalian cepat memahami materi kuliah yang diberikan

 

1. Manajemen Waktu

Saat menjadi seorang mahasiswa/i tentunya kalian harus cerdas dalam urusan me-manage waktu, kenapa? Karena manajemen waktu merupakan cara seseorang untuk mengelola maupun mengatur waktu yang dimiliki diantara berbagai kegiatan yang diikuti. Tentunya saat kalian sudah berkecimpung dalam dunia kampus, kemungkinan besar kalian akan mengikuti serangkaian kegiatan yang ada, hal inilah yang membuat waktu kalian terbagi antara megikuti kegiatan dan belajar materi. Sama halnya dengan seseorang yang mengambil kuliah sembari bekerja, dimana kalian harus mampu membagi waktu antara belajar dan bekerja. Prioritaskanlah terlebih dahulu kegiatan yang lebih penting, agar nantinya dalam belajar materi jauh lebih rileks.

 

2. Mencatat Materi Yang Disampaikan

Hal ini sudah umum dilakukan oleh sebagian banyak mahasiswa/i yang ada, tetapi sebagian juga ada yang malas melakukannya. Pentingnya mencatat materi yang disampaikan agar kalian dapat mengingat dan membaca kembali materi yang ada. “ Tetapi jaman semakin canggih, kan bisa difoto? “ memang benar adanya jika alternatif yang dilakukan mahasiswa/i jaman sekarang adalah dengan memfoto materi tetapi lebih baik setelah difoto dicatat ulang dalam notebook kalian, mengapa? Yang pertama adalah menghindari kemungkinan buruk yang terjadi seperti jika ponsel rusak atau menghilang maka materi didalam ponsel yang kalian foto akan ikut menghilang kemudian pehamanan materi yang kurang karena tidak fokus belajar ( terganggu oleh notifikasi ponsel ), yang kedua mencatat merupakan salah satu kegiatan yang mampu membuat kalian lebih memahami dan mengingat materi juga membuat fungsi otak lebih baik.

 

3. Berdiskusi

Berdiskusi mengenai materi kuliah yang didapat merupakan salah satu cara agar mahasiswa/i cepat memahami maupun mengingat materi yang diberikan. Dengan berdiskusi, mahasiswa/i dapat menampung pengetahuan dari teman-teman yang memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai suatu materi tertentu. Berdiskusi juga membuat kita bisa banyak bertanya dengan cara yang informal, sehingga lebih enjoy.

 

4. Jangan Sungkan Untuk Bertanya

Hal yang sering terjadi dalam dunia perkuliahan adalah dimana mahasiswa/i sangat sungkan untuk bertanya kembali mengenai materi yang disampaikan, entah mungkin karena malu, malas atau takut. Terlebih lagi munculnya stigma-stigma yang menyatakan seseorang yang bertanya adalah orang yang kurang pintar dan orang yang mencari perhatian pada dosen, sehingga mengurangi kepercayaan diri dalam bertanya. Hindari stigma tersebut ya teman-teman, bertanya pada dosen itu merupakan cara dimana mahasiswa/i memastikan kembali materi yang disampaikan dan juga apa yang belum dipahami agar lebih matang lagi dalam memperoleh materi yang disampaikan.

 

5. Review Ulang Materi Yang Disampaikan 

Materi yang disampaikan jika tidak di review ulang hanya akan menjadi materi selewat diotak kita. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita kembali me review materi yang sudah dosen sampaikan, agar kita tidak mudah lupa dan juga semakin memahami materi yang ada. Baca ulang kembali materi-materi tersebut, latihan kembali maka kalian akan sepenuhnya paham mengenai materi itu.

 

 

Sekiranya begitu gaesss tips yang bisa aku sampaikan kepada kalian, yokk mari semnangat belajar agar bekal ilmu kita semakin matang dan buanyakkk :D


Posting Komentar

0 Komentar