Ticker

6/recent/ticker-posts

Intip Yuk! istilah dalam jaringan yang perlu diketahui

Istilah dalam jaringan yang perlu kamu ketahui


 

Jaringan komputer pada era industri 4.0 sudah menjadi kebutuhan di setiap orang. Jaringan merupakan koneksi yang tercipta dengan cara menghubungkan lebih dari 2 perangkat. Jaringan komputer bertujuan sebagai jembatan komunikasi antara dua orang agar dapat saling terhubung dan dapat mengirimkan data lebih cepat. Pada bidang pekerjaan jaringan sangat dibutuhkan untuk saling berinteraksi walaupun dalam jarak jauh. Jaringan komputer akan dikatakan berhasil terhubung apabila 2 user dapat saling bertukar resource yang dimiliki satu sama lain. Tentunya untuk melakukan interaksi menggunakan bantuan jaringan, masing-masing orang harus memiliki device.

Setelah mengetahui apa itu definisi jaringan, sekarang kita cari tahu yuk istilah-istilah yang ada dalam jaringan.

1. IP Address

IP Address merupakan kepanjangan dari (Internet Protocol Address) adalah sekumpulan baris angka atau numerik yang pasti dimiliki oleh setiap komputer, ponsel, atau gadget lainnya. IP Address yang dimiliki setiap komputer akan berbeda di setiap perangkat. IP Address biasa disebut juga sebagai sistem yang mengatur kegiatan internet. IP Address terdiri dari angka, dimana angka tersebut dikelompokkan menjadi 4. Setiap dari kelompok akan berisikan 1 sampai 3 digit angka. Rentang angka yang ada pada IP Address mulai dari 0 hingga 255.

IP Address terdapat 2 bagian yaitu Network ID dan Host ID. Network ID merupakan bagian dari IP Address yang menunjukkan bahwa jaringan tersebut aktif. Sedangkan Host ID adalah bagian dari IP Address yang merujuk pada identitas perangkat jaringan. Jadi kesimpulannya Network ID bisa diibaratkan sebagai perumahan, sedangkan Host ID sebagai nomor rumahnya.

2. Gateaway

Gateway merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer satu dengan lainnya yang menggunakan sistem protokol informasi berbeda. Gateaway bisa juga diartikan sebagai komputer yang dapat menghubungkan 2 buah jaringan bahkan lebih karena memiliki 2 buah network interface. Internet semakin menyebar dan merata di seluruh dunia, tidak jarang definisi dari gateaway menjadi salah arti, banyak orang yang menyebut definisi gateaway dengan router sama yang sebenarnya keduanya sedikit berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing.

Gateaway juga bisa menjadi rute untuk menunjukkan tujuan dari suatu alamat pada internet dan gateaway dapat berfungsi sebagaimana router bekerja.

3.      3. Routing

Routing merupakan sebuah mekanisme pengiriman paket data yang di transmisikan dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Perangkat yang melakukan routing disebut router. Routing menjadi tempat keluar masuknya paket ke jaringan lain secara bebas sesuai dengan aturan yang ada. Routing terbagi menjaid 2 yaitu, static routing dan dynamic routing. Static routing merupakan routing yang dilakukan secara manual. Sedangkan routing dynamic merupakan routing yang bekerja menggunakana protokol routing dan memiliki algoritma khusus dalam menentukan rute.

4.      4. DHCP

DHCP merupakan kepanjangan dari (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk memudahkan penyebaran secara otomatis pada alamat IP menuju ke perangkat lainnya. Tanpa adanya DHCP, konfigurasi hanya bisa dilakukan secara manual pada setiap komputer untuk mendapatkan alamat IP yang berbeda. Dengan kemudahan yang terdapat pada DHCP, perangkat ini banyak diterapkan pada jaringan skala kecil hingga skala besar.

5.      5. Topologi

Topologi merupakan suatu cara yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih berdasarkan hubungan geometrisnya antara node, link, danstation. Dalam topologi terdapat berbagai macam jenisnya yaitu topologi star, topologi mesh, topologi ring, topologi tree, topologi bus.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar