Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! Pengaruh SDGs Terhadap Kehidupan Masyarakat di Desa

 

SDGs ke-14


Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas yang terdiri dari daratan dan perairan. Dengan wilayah perairan Indonesia yang sangat luas ini, maka sudah sepatutnya jika sumber daya yang dimiliki juga akan melimpah. Laut Arafura, Laut Jawa, Laut Banda,dan Laut Sulawesi merupakan beberapa contoh dari banyaknya lautan yang ada di Indonesia.

Sumber daya yang melimpah tentunya harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kita harus bisa menjaga lingkungan laut supaya ekosistemnya tidak rusak ataupun terganggu. Hal ini sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ke-14, yaitu Menjaga Ekosistem Laut. 

Para masyarakat desa yang tinggal di sekitar pantai umumnya memiliki profesi sebagai nelayan. Tentunya, untuk mencari penghasilan, mereka akan bergantung pada hasil tangkapan ikan dari laut yang nantinya akan dijual kembali di pasar. Dengan menjaga ekosistem laut agar tidak rusak, maka kehidupan yang ada di laut juga tidak akan rusak sehingga hasil tangkapan ikan akan semakin baik dan lingkungan tidak akan tercemar. Kualitas dari hasil tangkapan yang dijual juga akan lebih baik dan dapat didistribusikan ke desa-desa lainnya. Para nelayan akan mendapatkan penghasilan yang cukup sehingga mereka tidak akan mengalami kelaparan dan kemiskinan. 

Selain untuk masyarakat desa, tentunya laut juga bermanfaat untuk semua orang. Oleh karena itu, marilah kita ikut berkontribusi dalam pelaksanaan SDGs ke-14 dengan memelihara ekosistem laut kita.

Posting Komentar

0 Komentar