Ticker

6/recent/ticker-posts

Harus di Coba! Makanan Khas Madura

 


JagadMedia - Hallo Sobat Jagadians! Madura adalah sebuah pulau yang terletak di Jawa Timur, Madura mendapatkan julukan Pulau Garam karena pulau Madura salah satu penghasil garam dan terkenal juga dengan pertenakan sapinya, oleh sebab itu ada adat istiadat berupa karapan sapi yang terkenal. Selain itu ga kalah juga kelezatan makanan khas Madura. Ini dia makanan khas Madura yang harus kamu coba jika kamu sedang berkunjung ke madura.


            1. Kaldu Kokot


 

Kaldu Kokot merupakan makanan yang di masak dengan berbagai bahan rempah, kuah dari makanan ini terbuat dari kacang hijau,selain itu juga berisi tulang sapi berserta kikil dan sumsum tulang. Biasanya di sajikan bersama irisan lontong atau nasi hangat.


            2. Soto Madura


 

Soto Madura makanan yang snagat terkenal ke seluruh Indonesia. Soto Madura berisi daging ayam atau daging sapi, telur, kentang, daun bawang, jeruk nipis, bawang goreng,dan tauge. Dan bedanya Soto Madura menggunakan kemiri untuk menjadikan kuahnya berwarna kuning keruh serta membuatnya mempunyai aroma yang khas dan menggugah selera.


            3. Cumi Hitam Madura


 

Cumi Hitam Madura memiliki kuah hitam pekat dan kental. Daging cumi yang kenyal dan empuk serta rempah-rempah yang di campurkan. Biasanya di santap dengan nasi dan pelengkap lainya.


            4. Bebek Sinjay


(https://assets-pergikuliner.com/uploads/image/picture/479215/picture-1488254538.JPG)

 

Bebek Sinjay makanan khas Madura yang menggunakan rempah-rempah nusantara berhasil memanjakan lidah para penikmatnya. Sambal yang terbuat dari campuran mangga muda, terasi, cabai, dan gula jawa menambahkan rasa mikmat ketika memakannya.


            5. Topak Ladeh


 

Topak Ladeh makanan khas Madura yang memiliki cita rasa yang unik dan berbeda. Kuah yang di olah dengan berbagai macam rempah dan juga di tambah parutan kelapa serta daging sapi yang membuat rasa gurih saat menikmatinya.


            6. Sate Madura


 

Selain Soto Madura Sate Madura juga adalah kuliner yang sangat terkenal dan dapat di temui di luar Madura. Tapi akan lebih enak jika kita mencicipi Sate Madura langsung ke daerah aslinya. Sate Madura terbuat dari daging ayam, kambing, atau sapi di sajikan dengan bumbu kacang bawang merah atau bumbu kecap serta bawang goreng. Sate Madura memiliki rasa gurih dan sedikit manis yang sulit di tolak.


            7. Lorjuk


 

Lorjuk adalah sejenis kerang yang memiliki warna cangkang kecokelatan, bentuk kecil memanjang, dan rasa yang gurih. Dapat di olah menjadi beragam kuliner seperti di goreng, tumis, serta campur lorjuk. Biasanya kerang ini dapat ditemukan di pesisir pantai yang berlumpur.

 

Nah, itu dia jagdians kuliner yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Madura. Makanan khas Madura mana yang paling kamu ingin coba? Komen di bawah ya.















Posting Komentar

0 Komentar