Ticker

6/recent/ticker-posts

Village Concept Project 2022, Program pengabdian oleh IAAS LC UNPAD demi Membantu Kesejahteraan Desa Cinanjung


 Village Concept Project (VCP) adalah satu di antara banyak program kerja pada bidang pengembangan masyarakat desa yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh organisasi International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) Local Committee Universitas Padjadjaran. Tema yang diusung VCP tahun 2022 adalah "Pemberdayaan masyarakat Melalui Peningkatan Integrated Farming, Livestock, Fisheries and Environmental System as a Key to Sustainable Agriculture Framework”. Aktivitas ini diadakan di Desa Cinanjung bersama mitranya yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) Malati Asih serta warga RW 05.

VCP tahun 2022 memiliki dua fokus projek yaitu pengembangan produk Aesthetea yang telah ada dari tahun sebelumnya dan pembuatan sistem Aquaponik. Dalam menyukseskan kedua projek tersebut, diberikan terlebih dahulu pembinaan kepada KWT Malati Asih terkait optimalisasi pemasaran melalui sosial media, manajemen produksi dan cara kerja sistem Aquaponik. Saat ini, Aesthetea telah mempunyai tim khusus untuk pengembangan produknya, sehingga akan lebih siap untuk dipasarkan secara online seperti Instagram dan Shopee.

Pada tahun ini juga ada berbagai pihak yang berkaitan dengan program pengembangan masyarakat ikut membantu berjalannya VCP 2022. Di Tahun ini VCP berkolaborasi bersama Radhia Tani - Crowde, sebuah perusahaan yang berkecimpung pada bidang pendanaan serta pengembangan desa. Radhia Tani - Crowde turut terlibat dalam menyebarkan ilmu kepada masyarakat desa dengan menjadi pemateri pada aktivitas "Visiting KWT Malati Asih and RW 05’s Inhabitants". Ada beberapa materi yang dibawakan oleh Radhia Tani - Crowde seperti mengenai pupuk takakura yang dibawakan oleh Kak Ulya, pemeliharaan sistem aquaponik oleh Kak Rifki, produk bekas magot (Kasgot) oleh Kak Dikri, serta materi analisis usaha disampaikan oleh Kak Fachru. Selain itu, Radhia Tani - Crowde berperan sangat krusial pada aktivitas VCP 2022 dengan turut memberi pendanaan dalam pembuatan instalasi aquaponik.

Kegiatan VCP 2022 ditutup dengan agenda penyerahan benih kangkung kepada KWT Malati Asih serta pelepasan 1500 ekor bibit ikan lele ke kolam ikan yang telah dibuat. Kami harap, dengan program kegiatan yang sudah dilaksanakan pada VCP 2022, bisa membantu KWT Malati Asih serta penduduk RW 05 menjadi semakin mandiri, menjadi desa yang lebih maju dan berkembang terutama pada bidang pertanian, pendidikan, kewirausahaan, serta lingkungan.


 

Posting Komentar

0 Komentar