Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Cyber Security

Halo Sobat Jagat~ yuk kita ikuti pembahasan artikel di bawa mengenai Cyber Security dari macam-macam jenisnya sampai kemanfaat pada pengguna internet terutama, tertarik yuk bahas!



Cyber Security tidaklah terdengar asing bagi perngguna internet, bagaimana tidak Cyber Security merupakan salah satu metode keamanan yang harus dikuasai oleh semua pengguna internet. 

Karena saat ini setiap orang sangat bergantung pada teknologi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Baik perorangan, perusahaan, bahkan organisasi pemerintah. Teknologi dan internet digunakan untuk mengirimkan data, mencari informasi, berkomunikasi dengan orang lain, dan menyimpan data penting di berbagai perangkat.

Nah, Cyber Security sangat membantu dalam memastikan semua aktivitas dan data di internet tetap aman dan terlindungi dari segala macam penjahat siber.

Mengenal Jenis Cyber Security

Ada tiga jenis dalam keamanan siber yaitu:

1. Cloud Security

Pencurian data bisa terjadi kapan saja. Maka, untuk menghindarinya, perlu adanya keamanan siber yang baik. Salah satunya menggunakan cloud security. Aktivitas ini meliputi layanan, teknologi, hingga kebijakan yang berhubungan dengan cloud security.

Cara yang bisa dilakukan cloud security seperti menggunakan firewall, two factor authentication, hingga enkripsi data. Yang patut diingat adalah selalu memilih penyedia layanan cloud security yang telah teruji kualitasnya.

2. Network Security

Jika lalu lintas data semakin tinggi, pengguna semakin banyak, ada baiknya meningkatkan keamanan jaringan (network security). Fungsi dari network security sangat penting bagi perusahaan bisnis. Sebab, ini berguna untuk melindungi aset perusahaan dan juga jaringan lalu lintas data. Agar terhindar dari pencurian data, perusahaan bisa menggunakan antivirus, firewall, two factor authentication, hingga enkripsi data.

3. Application Security

Saat ini telah banyak bisnis yang mengandalkan aplikasi untuk bisnis. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses produk. Namun demikian, perlu diwaspadai terhadap cyber crime. Untuk menghadapinya, biasakan menggunakan cara seperti autentikasi.

Selain itu, bisa menggunakan password yang terdiri dari huruf dan angka, sidik jari atau pengenalan wajah. Oleh karena itu, perusahaan harus selalu awas dengan ancaman cyber crime.

Ancaman pada Cyber Security

Nah berikut ini adalah 3 jenis ancaman cyber security populer yang mungkin Anda temui pada sistem, jaringan, atau aplikasi Anda.

1. Cyber Crime

Singkatnya, cybercrime adalah kejahatan siber yang menargetkan sebuah sistem dan jaringan komputer. Disini komputer digunakan sebagai alat dan juga target dari kejahatan tersebut.

Cyber crime terjadi saat hacker menggunakan sebuah perangkat untuk mengakses dan mencuri informasi pribadi, bisnis, maupun pemerintah untuk keperluan pribadi.

Umumnya, informasi dan data yang didapatkan melalui kejahatan cyber crime ini akan dijual secara online atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Cyber Attack

Pada dasarnya, cyber attack adalah bagian dari cyber crime atau kejahatan siber. Bedanya, cyber attack umumnya melibatkan kepentingan politik dan organisasi.

Kejahatan cyber attack dilakukan untuk mengumpulkan informasi rahasia sebuah organisasi, mendapatkan dan mencuri data sensitif, hingga mengambil alih sistem.

3. Cyber Terrorism

Sama seperti cyber attack, kejahatan cyber terrorism menargetkan organisasi politik melalui terror seperti ancaman, provokasi, dan intimidasi online.

Cyber terrorism umumnya dilakukan untuk menimbulkan kepanikan dan ketakutan skala besar agar hacker bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Bentuk kejahatan cyber terrorism pun beragam. Mulai dari pencurian data, pengambilan alih sistem, serangan malware, penghapusan data, dan lain sebagainya.

Manfaat Cyber Security

Berikut beberapa manfaat cyber security yang perlu Anda ketahui:

  • Melindungi data sensitif : Dengan adanya cyber security, semua data dapat lebih aman dan terlindungi dari ancaman pencurian identitas.
  • Mempertahankan produktivitas : Dengan keamanan siber, sistem dan jaringan dapat terlindungi dari malware dan ancaman lainnya, sehingga Anda dapat bekerja lebih produktif dan aman.
  • Waktu pemulihan yang lebih singkat : Jika seseorang atau organisasi mengalami pelanggaran data atau gangguan lainnya, cyber security dapat mempercepatnya proses pemulihan dan mencegah beberapa kerugian.
  • Membangun kepercayaan pelanggan : Dengan sistem keamanan yang kuat, pelanggan tidak akan khawatir jika data sensitif mereka dieksploitasi oleh peretas dan akan lebih percaya diri untuk memilih produk/layanan Anda.

jadi tertarik untuk mendalami bidang Cyber Security! dan juga bidang ini bisa dijadikan perkerjaan juga loh bagi yang belum tau sebagai Cyber Security Engineer. Meski hanya sedikit orang yang mengetahuinya, namun peluang kerja untuk profesi ini cukup menjanjikan, terutama di bidang teknologi informasi. Kebutuhan akan cyber security engineer profesional meningkat pesat di era industri 4.0.

Mungkin itu saja informasi seputar Cyber Security pada weekly knowledge kali ini dan jangan lupa ikuti dan nantikan pembahasan menarik lainnya pada hari selasa atau kamis oleh mimin,Sekian Terimakasih sudah membaca bye-bye sampai ketemu minggu depan~

Posting Komentar

0 Komentar