Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Langkah Kecil untuk Mengatasi Pengalaman Traumatik


T
idak ada solusi ajaib atau penyembuhan instan saat menghadapi dampak trauma atau duka. Ini adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan waktu, perhatian, dan penyembuhan. Mengatasi berbagai emosi seperti stres, kesedihan, dan kecemasan bisa sulit, tetapi penting untuk dicatat bahwa ini adalah gejala yang benar-benar alami, dan pemulihan selalu mungkin.

Berikut adalah tujuh langkah kecil untuk membantu Anda mengatasi trauma. Dan ingat - dukungan profesional ada, jika Anda ingin mencarinya.

  1. 1. Berikan Waktu Pemulihan adalah proses yang bertahap dan tidak terjadi secara instan. Penting untuk memberi diri Anda waktu untuk merenungkan pengalaman Anda, dan mengakui emosi Anda sebagaimana adanya. Memahami apa yang terjadi pada Anda dan memberi waktu untuk menerimanya adalah salah satu langkah pertama menuju pemulihan. Tidak ada yang dapat memaksakan Anda - Anda menentukan seberapa lama Anda membutuhkannya.


  2. 2. Berkoneksi Pastikan Anda memiliki jaringan orang positif di sekitar Anda, baik itu teman, keluarga, maupun profesional atau organisasi masyarakat. Bagikan perasaan Anda kepada orang ketika Anda merasa sesuai. Tooting Recovery Café kami buka setiap hari jika Anda butuh seseorang untuk berbicara.


  3. 3. Berpisah Meskipun isolasi yang berlebihan tidak baik, dan selalu baik memiliki jaringan dukungan yang dapat Anda diskusikan, ini bukan berarti waktu sendirian tidak bermanfaat. Malah, menghabiskan satu atau dua jam sendirian untuk berada dengan diri sendiri dapat membantu Anda menyesuaikan keseimbangan dan menjaga rasa diri.


  4. 4. Berwaspada Setelah mengalami trauma, beberapa skenario mungkin memicu Anda untuk merasakan emosi negatif. Meskipun ini adalah hal yang benar-benar alami, Anda mungkin menemukan bermanfaat untuk mencatat pemicu-pemicu ini, sehingga Anda sadar akan lingkungan atau situasi yang sebaiknya dihindari.


  5. 5. Regulasi Rutinitas Anda Pengalaman traumatis dapat mengacaukan rutinitas harian Anda. Cobalah untuk menyesuaikan ini satu langkah pada satu waktu. Jika Anda sedang beristirahat dari pekerjaan, coba merangsang otak Anda dengan kegiatan terkait pekerjaan dalam ukuran kecil, atau teka-teki dan teka-teki silang. Cobalah berjalan-jalan setiap hari. Atur cucian. Mendapatkan kembali kendali atas tugas-tugas harian ini dapat membantu menjaga struktur.


  6. 6. Meremajakan Setelah mengalami pengalaman traumatis, terkadang merubah kecil lingkungan Anda dapat memberikan perasaan positif. Tindakan sederhana seperti merapikan kamar Anda, menambah lilin atau bunga, atau mungkin membeli set selimut yang baru, dapat memberikan Anda rasa awal yang baru dari pengalaman Anda.


  7. 7. Perayaan untuk Pencapaian Kecil Salah satu kekurangan terbesar kita sebagai manusia adalah mengabaikan kesuksesan kita dalam mencari hal-hal yang lebih besar, lebih hebat. Membiarkan diri Anda merasakan rasa pencapaian untuk semua hal positif yang Anda sumbangkan dapat mengarah pada penerimaan yang lebih besar terhadap diri dan keadaan Anda. Ini bisa sekecil memberi diri Anda camilan favorit setelah hari yang produktif, atau memberi diri Anda hari bebas rasa bersalah untuk menonton Netflix.


Sumber : Hestia

Posting Komentar

0 Komentar