Ticker

6/recent/ticker-posts

Multimedia Webinar Series Telkom University Part 2 - Dari Teknologi VR, Game Sampai Storytelling

JagadMedia - Telkom University melalui Fakultas Ilmu Terapan (FIT), khususnya program studi Teknologi Rekayasa Multimedia (TRM) kembali menyelenggarakan webinar yang berjudul Multimedia Webinar Series. Webinar yang diselenggarakan via Zoom ini diikuti oleh lebih dari 400 peserta yang terdiri dari pelajar SMK dan masyarakat umum.

Multimedia Webinar Series yang diselenggarakan pada 9 Juni 2020 ini merupakan bagian dari rangkaian promosi program studi TRM sebagai program studi D4 pertama berbasis multimedia di Telkom University. Pada hari kedua ini, webinar dibuka dengan materi pengenalan teknologi Virtual Reality yang dibawakan oleh Adi Purna Kurniawan, Pemrograman Game oleh Rikman Aherliwan Rudawan, Storytelling oleh Bambang Pudjoatmodjo sampai pembuatan komik digital oleh Yahdi Siradj.

Teknologi Virtual Reality

Multimedia Webinar Series part 2 dibuka dengan sesi pengenalan teknologi Virtual Reality oleh Adi Purna Kurniawan yang merupakan dosen Teknologi Audio Visual. Dalam paparannya, Adi menyebutkan jika VR merupakan teknologi masa depan yang mampu menggabungkan antara pelatihan di dunia nyata ke dalam bentuk digital yang lebih murah dan tetap realistis.

Pemrograman Game

Sesi selanjutnya adalah presentasi pengenalan teknik pemrograman game oleh Rikman Aherliwan Rudawan yang merupakan dosen pemrograman game. Rikman mengemukakan tiga jenis game yang beredar di pasaran yaitu Entertainment Game, Educational Game dan Serious Game. Jenis game tersebut masing-masing memiliki fungsi dan target audience yang berbeda.

Branching Storytelling

Bambang Pudjoatmodjo selaku dosen probabilistik dan statistika membawa konsep matematika menjadi bentuk branching storytelling untuk kebutuhan penceritaan dalam game dan animasi. Dalam paparannya, dia menyebutkan branching storytelling merupakan teknik yang dapat memberikan pilihan bagi user untuk menentukan akhir cerita yang diinginkannya. 

Sebagian besar peserta webinar menyatakan jika materi multimedia merupakan materi yang sangat sesuai dengan hobi mereka dan mereka memiliki keinginan untuk mempelajarinya lebih lanjut. Rangkaian seri webinar multimedia ini akan dilanjutkan dengan pembukaan penerimaan mahasiswa baru di program studi TRM untuk periode 2020/2021.

Posting Komentar

0 Komentar