Ticker

6/recent/ticker-posts

Wah Ini Dia! 3 Sifat Malu Yang Dianjurkan Dalam Islam

JagadMedia - Assalamualaikum wr wb teman – teman, pasti udah pada tau dong apa itu sifat malu, sifat malu adalah sebuah perasaan yang dimiliki setiap manusia untuk melindungi seseorang untuk melakukan suatu perilaku yang tidak sopan, tapi tau gak sih rasa malu ini dalam islam gimana.

Agama islam sendiri memerintahkan setiap orang nya untuk mempunyai sifat malu karena dengan memiliki sifat malu ini maka akan mendapatkan sebuah kebaikan dan meningkatkan akhlak setiap orang, sifat malu ini juga menjadi cerminan orang beriman karena dengan mempunyai sikap ini akan membuat seseorang malu melakukan hal yang tidak baik atau perbuatan tercela, kemudian dalam islam sifat malu dibagi menjadi tiga macam yaitu diantara nya:

1.    Malu kepada Allah SWT

Malu disini adalah ketika seseorang malu kepada Allah, ia akan mengerjakan perintah dan menjauhi larangan. Sifat malu ini merupakan yang terbaik dan dapat membawa kebahagiaan hidup. Orang yang malu kepada Allah, tidak akan berani melakukan kesalahan dan meninggalkan kewajiban selama meyakini Allah selalu mengawasinya.

2.    Malu kepada sesama manusia

Malu disini adalah ketika seseorang memiliki rasa malu kepada manusia, maka ia akan menjaga pandangan yang tidak halal untuk dilihat. Ini merupakan hal yang penting karena dengan begitu dapat mengendalikan diri agar tidak melanggar ajaran agama, meskipun yang bersangkutan tidak memperoleh pahala sempurna lantaran malunya bukan karena Allah. Namun, malu seperti ini dapat memberikan kebaikan baginya dari Allah karena ia terpelihara dari perbuatan dosa.

3.    Malu kepada diri sendiri

Malu disini adalah ketika seseorang yang mempunyai malu kepada dirinya sendiri, dia tidak akan melakukan perbuatan dosa atau perbuatan tercela ketika sendirian. dia akan malu jika ada orang yang melihat perbuatannya.

Dan itulah tiga contoh dari sifat malu yang dianjurkan dalam islam dimana sifat ini harus dimiliki oleh semua umat islam karena dengan memiliki sifat malu ini maka akan bisa menjadi sebuah benteng bagi diri kita dalam melakukan suatu hal dan juga membawa kebaikan untuk kita semua, Aamiin.

Posting Komentar

0 Komentar