Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Budaya Indonesia!

    Halloo jagad lovers, apa kabarnya? Semoga semua selalu dalam keadaan yang baik baik saja yaa. Dalam rangka menyambut kemerdekaan Indonesia yang tinggal menghitung hari nih, belom afdol kalo kita ga tau hal – hal apa aja sih yang membuat Indonesia kita ini sangat di kagumi sama masyarakat local bahkan sampai manca negara jangan sampai kamu ketinggalan info penting ini yaa. Yuk simak apa aja sih yang membuat Indonesia kita ini bisa sangat dicintai. Lets check this out! 

1. Indonesia

                  sumber: google.com 

    Indonesia  adalah istilah tunggal yang menamai bangsa tertentu, tetapi tidak ada yang seragam tentang budayanya. Setidaknya ada 300 suku bangsa di Indonesia yang masing-masing memiliki adat istiadat dan benda budaya yang khas. Itu tidak berarti tidak ada kesamaan atau kecenderungan antara satu budaya dengan budaya lainnya, tetapi ketika membaca frasa ini perlu diingat keragaman yang menyertainya. Seringkali apa yang dianggap sebagai budaya Indonesia ternyata merupakan gambaran yang dominan atau mencerminkan penggabungan budaya tertentu yang serupa.

2.  Ada Enam Agama di Indonesia

                     sumber: google.com 

    Indonesia terkenal dengan populasi Muslimnya yang besar; terbesar di dunia meskipun secara hukum merupakan negara sekuler. Tapi Islam hanyalah satu dari enam agama resmi yang diakui di negara ini - Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Di Bali, misalnya, agama yang dominan adalah Hindu, dan ada daerah-daerah yang lebih banyak orang Kristen daripada Muslim.

3. Suka Makanan Pedas dan Gurih 

                   sumber: google.com

    Nusantara kaya akan bumbu dan rempah-rempah, yang membentuk resep tradisional untuk memanfaatkan bahan-bahan tersebut yang melimpah. Nyatanya, banyak masakan Indonesia yang mungkin lekat di lidah turis. Resep memang bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, sesuai dengan tanaman utama di daerah tersebut. Orang Jawa, misalnya, cenderung menyukai makanan yang lebih manis karena banyaknya tebu dan gula aren. Tapi banyak daerah lain seperti Padang, Manado, dan Bali, pasti tidak menahan cabai dan bumbu mereka.

4. Setiap Tempat Memiliki Legenda 

                     sumber: google.com 

    Sangat penting untuk mempelajari proses geologi yang membentuk gunung, bukit, dan sungai. Tetapi orang Indonesia melampaui lempeng tektonik dan erosi untuk menjelaskan bagaimana landmark alam muncul. Di sebagian besar tempat, Anda dapat berbicara dengan penduduk setempat dan menggali kisah tentang dewa, roh, bangsawan, atau pertapa yang berkontribusi pada pembentukan tempat tertentu seperti fitur alam, kuil, atau landmark budaya lainnya. 

5.  Kepercayaan Tradisional

       sumber: google.com 

    Keragaman Indonesia juga meluas ke berbagai sistem kepercayaan. Banyak komunitas yang masih hidup secara tradisional dan masih menjunjung tinggi agama dan praktik nenek moyang mereka, seringkali unik di wilayah tersebut. Tetapi untuk mengkategorikan, banyak sistem kepercayaan yang diambil dari animisme, dinamisme, dan totemisme. Di beberapa komunitas, kepercayaan tersebut berinteraksi dengan tradisi atau dipengaruhi oleh agama arus utama lainnya, menghasilkan banyak sekali praktik unik. 

    Wahh ternyata budaya yang ada di Indonesia banyak juga yaa guys, kita sebagai anak bangsa harus bangga sama apa yang ada di negara kita ini dengan cara memperkenalkannya kebanyak orang secara meluas biar semua orang tau kalo Indonesia itu kaya akan budaya. Semoga ilmunya bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar