Ticker

6/recent/ticker-posts

Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Pada zaman sekarang perangkat komputer sangat berguna untuk membantu kehidupan manusia. Perkembangan komputer dari generasi ke generasi terjadi sangat drastis yang awalnya berbentuk saangat besar hingga sekarang bisa dibawa kemana-mana.

Sejarah komputer terbagi menjadi empat generasi, dan setiap generasi perangkat komputer selalu diciptakan lebih baik dari sebelumnya. Berikut ini ialah perkembangannya komputer dari generasi ke generasi.

1. Generasi pertama tabung vakum (1940-1959)

                                                       Source: https://masfawan.id

Sistem komputer pertama menggunakan tabung vakum untuk sirkuit, drum magnetis untuk memori, berukuran sangat besar, dan memenuhi seluruh ruangan. Komputer ini sangat mahal untuk dioperasikan selain menggunakan banyak listrik, komputer menghasilkan panas, yang menjadi penyebab gagal fungsi

Komputer generasi pertama mengandalkan bahasa mesin, bahasa pemrograman tingkat terendah untuk melakukan operasi, dan mereka hanya dapat menyelesaikan satu masalah dalam satu waktu. Operator perlu waktu yang lama untuk menyiapkan masalah baru. Contoh komputer generasi pertama adalah UNIVAC dan ENIAC.

2. Generasi kedua transistor  (1956-1963)

                                                             Source : https://www.nesabamedia.com/

Pada tahun 1947 transistor di temukan di bell labs. Transistor sangat jauh lebih unggul dari tabung vakum. Tetapi transitor masih menghasilkan panas yang membuat komputer rusak. Komputer generasi kedua masih menggunakan kartu berlubang untuk input dan output.

3.  Generasi ketiga Sirkuit terintegrasi (1964-1971)

                                                                 Source : https://kotakpintar.com/

Pada komputer generasi ketiga terdapat transistor yang dibuat miniatur dan transistor tersebut ditempatkan pada chip silikon yang disebut semikonduktor yang berfungsi sebagai meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer.

Pengguna berinteraksi dengan komputer generasi ketiga melalui keyboard dan monitor dan terhubung dengan sistem operasi, yang memungkinkan perangkat menjalankan banyak aplikasi berbeda pada satu waktu dengan program pusat yang memantau memori. Komputer pertama yang dapat diakses oleh khalayak masyarakat karena lebih kecil dan murah dari pada komputer sebelumnya.

4.  4. Generasi keempat microprosesor (1971-sekarang)


                                                      Source: http://www.abraham-maslow.com/

Komputer generasi keempat ialah microprosesor.Pada generasi pertama komputer sangat besar sehingga tidak bisa dibawa kemana-mana tetapi sekarang bisa muat di telapak tangan. Chip Intel 4004, dikembangkan pada tahun 1971, menempatkan semua komponen komputer — dari unit pemrosesan pusat dan memori hingga kontrol input / output — pada satu chip. Pada tahun 1981 IBM mengenalkan komputer ini untuk pengguna rumahan, dan pada tahun 1984 Apple memperkenalkan Macintosh. Mikroprosesor juga pindah dari bidang komputer desktop dan masuk ke banyak bidang kehidupan karena semakin banyak produk sehari-hari mulai menggunakan mikroprosesor.

Jadi sampai disini dulu ya tentang perkembangan komputer. dan sampai ketemu di informaasi-informasi menarik slenajutnya teman teman! 

Posting Komentar

0 Komentar