Ticker

6/recent/ticker-posts

Simple Pastel Colour Edit (Lightroom Mobile), Aplikasi Edit Foto ala Photographer

 


Sering merasa kurang puas dengan hasil jepretan sendiri? Padahal udah pasang gaya kekinian, sampai jauh-jauh datang ke objek wisata demi foto kece, tapi kok hasil fotonya kurang gimana gitu, ya? Duh, jangan langsung galau dulu! Foto-foto kamu yang kurang sreg tadi bisa diperbaiki dengan berbagai aplikasi edit foto, salah satunya dengan Adobe Lightroom Mobile.

Dibandingkan dengan Photoshop, Lightroom lebih simpel dan mudah digunakan karena fiturnya lebih dikhususkan untuk pencahayaan. Nah, buat kamu yang ingin mengedit foto supaya bernuasa warna pastel, tutorial berikut bisa banget nih buat kamu coba! Sebelum mencoba, pastikan kamu sudah menginstal aplikasinya telerbih dahulu di smartphone kesayanganmu, oke?

Langkah-langkah :

1.     Siapkan foto yang ingin diedit. Untuk tutorial ini, saya menggunakan foto di bawah.

2.    Klik menu Cahaya lalu mulai atur pencahayaan, kontras, highlight, bayangan, rona putih, dan hitam. Kalau merasa kesulitan dalam mengatur komponen tadi, kamu bisa gunakan settingan seperti berikut.





3.  Selanjutnya klik menu Warna lalu lakukan penyesuaian warna pada foto. Di sini kita perlu mengatur tempt, corak, vibrance, dan kejenuhan. 

4.     Masih pada menu Warna, klik CMPRN dan saatnya mengatur rona, kejenuhan, dan luminans tiap warna. Pada langkah ini, kita hanya perlu mengatur tiga komponen tadi pada warna merah, jingga, kuning, hijau, aqua, dan biru.









5.    Klik menu Efek. Di sini perlu mengatur kejernihan dan efek kabut terlebih dahulu lalu klik Split Tone, kemudian atur highlight, bayangan, dan keseimbangan seperti berikut.



6.      Terakhir ke menu Detail. Atur ketajaman, pengurangan noise, dan pengurangan noise warna.



7.      Taraa! Seperti inilah hasilnya.

Before :


After :


Untuk menerapkan efek ini pada foto lain, kamu hanya perlu mengklik Salin Pengaturan, lalu buka foto yang ingin kamu pasangi efek, dan Tempelkan Pengaturan. Selesai!

Gimana dengan hasil editannya? Sepertinya cukup memuaskan untuk percobaan pertama, kamu bisa belajar lagi sambil mengutak-atik aplikasinya agar mendapatkan hasil yang lebih waw. Semoga tutorial kali ini bermanfaat, sampai jumpa!


Writer

Fadilla Razhya Rahmadhany

Posting Komentar

0 Komentar