Ticker

6/recent/ticker-posts

Keren! Inilah Teknologi Unreal Engine 5 yang Bikin Kamu Terpukau!

 

Pada bulan Mei lalu, Epic Games secara resmi memperkenalkan engine baru mereka sekaligus persiapan dalam menghadapi era baru atau Next Generations of Gaming, yaitu Unreal Engine 5. Teknologi dari Unreal Engine 5 ini menjawab semua keinginan gamer dengan memperlihatkan sebuah peningkatan yang luar biasa dari detail objek yang diperlihatkan dan tampillan grafis yang memukau.

Tujuan Epic Games dengan Unreal Engine 5 ini adalah membangun sebuah Engine yang mampu menciptakan fotorealisme yang setara dengan CGI dalam film Hollywood. Epic Games juga memperlihatkan demo berupa video yang mereka upload di Youtube Channel Unreal Engine yang bisa kalian tonton di bawah ini.


Video demo diatas dijalankan secara realtime di konsol Playstation 5. Dari demo diatas kita bisa melihat akan seperti apa tampilan visual dari sebuah game di masa depan, terutama untuk konsol yang akan dirilis akhir tahun ini yaitu, Playstation 5 dan Xbox Series X.

Teknologi Unreal Engine 5


Pada demo yang diperlihatkan, Unreal Engine 5 memperkenalkan dua teknologi baru yaitu Nanite dan Lumen. Teknologi Nanite berperan dalam memberikan perubahan pencahayaan secara global dan dinamis. Sementara Lumen dapat memungkinkan developer untuk memasukan aset dengan kualitas tinggi. Dengan dua teknologi baru ini dapat membantu developer dalam membuat pencahayaan menjadi terihat lebih dramatis, dan membuat detil geometri menjadi semakin tajam dan besar.

Jika dibandingkan dengan game Current-Gen atau generasi sekarang perbedaannya terasa jauh dan mecolok. Tim Sweeney, CEO Epic Games, mengatakan jika engine ini bisa diakses oleh developer game mulai dari studio indie, hingga studio sekeas AAA.Rencananya engine ini akan dirilis di tahun 2021 dan akan mendukung import dari Unreal Engine 4 ke Unreal Engine 5. 

Game yang sejauh ini sudah dipastikan akan menggunakan Unreal Engine 5 adalah Senua's Saga: Hellblade II yang akan dirilis eksklusif di Xbox Series X dan Fortnite yang sebelumnya menggunakan Unreal Engine 4.25 akan menggunakan Unreal Engine 5 tahun depan.




Sejauh ini Epic Games belum memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai engine baru mereka ini. So, kita tunggu saja pengumuman resmi yang akan mereka umumkan nantinya.

Jadi bagaimana menurut kalian mengenai Unreal Engine 5 ini? Kira-kira fitur apalagi yang akan diumumkan oleh Epic Games kedepannya? Silahkan tulis pendapat kalian di kolom komentar yaa...

Posting Komentar

0 Komentar