Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Dampak dari Pemakaian Masker yang Perlu Kita Ketahui

Empat dampak dari pemakaian masker yang perlu kita ketahui© iStockPhoto

Jika petugas layanan kesehatan memakai masker bedah, terdapat bukti yang kuat bahwa masker tersebut membatasi penyebaran infeksi virus pernapasan di rumah sakit. Tetapi tidak ada bukti jelas bahwa masker bedah melindungi anggota masyarakat dari tertular atau menularkan infeksi semacam ini,kemungkinan besar karena penggunaan yang salah. Untuk masker kain yang dipakai publik, gambarnya bahkan lebih variatif.

Masker bedah terbuat dari beberapa lapisan plastik bukan tenunan dan dapat secara efektif menyaring partikel yang sangat kecil, seperti tetesan SARS-CoV-2 (virus yang menyebabkan COVID-19). Masker biasanya mengandung lapisan tahan air eksternal dan lapisan penyerap internal.

Meskipun masker yang terbuat dari syal, kaos oblong, atau kain lain tidak dapat memberikan tingkat perlindungan dan ketahanan yang sama seperti masker bedah, masker dapat memblokir beberapa tetesan besar yang dihembuskan oleh pemakainya, sehingga melindungi orang lain dari paparan virus. Tetapi kemampuan mereka untuk menyaring tetesan tergantung pada konstruksinya. Masker kain berlapis lebih baik dalam penyaringan tetapi lebih sulit untuk bernapas. Dan masker menjadi lebih basah lebih cepat daripada masker satu lapis.

Pertanyaan yang perlu kita tanyakan bukanlah apakah masker kain menawarkan perlindungan yang sama baiknya dengan masker bedah (kita tahu bahwa tidak demikian, dan mungkin tidak masalah), tetapi apakah ada konsekuensi serius yang tidak diinginkan dari merekomendasikan penggunaannya secara luas oleh masyarakat. Saat memutuskan apakah suatu tindakan keamanan layak diperkenalkan dalam skala besar, penting untuk menyeimbangkan manfaat apa pun dengan potensi bahaya. Berikut adalah empat konsekuensi potensial yang, jika tidak dikurangi, dapat memperburuk keadaan. 

Pertama, apa yang kemudian dikenal sebagai efek Peltzman menunjukkan bahwa memperkenalkan satu tindakan keamanan, seperti sabuk pengaman mobil, dapat menyebabkan perilaku risiko kompensasi lainnya, seperti ngebut. (Jika Anda merasa bahwa mobil Anda lebih aman dari biasanya, Anda dapat mengimbanginya dengan mengemudi lebih cepat.) Dalam konteks COVID-19, dikatakan bahwa penggunaan masker dapat membuat orang merasa lebih aman, dan karenanya meminimalkan risiko lainnya. perilaku protektif yang kita tahu efektif, seperti menjaga jarak dan mencuci tangan secara teratur. Meskipun kami tidak memiliki bukti jelas bahwa hal ini terjadi selama pandemi, beberapa penelitian yang dilakukan sebelum wabah menemukan bahwa kebersihan tangan orang memang lebih buruk saat memakai masker.

Kedua, untuk memberikan perlindungan apa pun, masker perlu dipakai dengan benar dan konsisten saat bersentuhan dengan orang lain. Sebagian besar penelitian yang dilakukan sejauh ini,tidak secara eksplisit melihat tingkat kepatuhan terhadap pemakaian masker. Mereka yang melaporkan kepatuhan variabel, mulai dari "baik" hingga "buruk". 

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa semakin parah suatu penyakit tampak dan semakin rentan orang merasa, semakin besar kemungkinan mereka untuk melindungi diri selama pandemi. Mengingat tingginya jumlah infeksi dan kematian global, orang-orang mungkin menunjukkan kepatuhan yang lebih tinggi daripada biasanya untuk memakai masker selama pandemi.

Ketiga, masker dapat bertindak sebagai jalur transmisi tambahan atau memicu perilaku lain yang menularkan virus, seperti sentuhan wajah secara teratur. Untuk menghentikan peralihan masker menjadi rute transmisi alternatif, masker harus dipasang dan dilepas dengan aman. Orang-orang rata-rata menyentuh wajah mereka 15-23 kali per jam, masker yang gatal atau tidak pas bisa membuat orang lebih sering menyentuh mata, hidung, dan mulut. Setelah menyentuh masker, ada risiko tangan Anda terkontaminasi, dengan risiko selanjutnya Anda akan menyebarkan virus ke permukaan lain, seperti gagang pintu, pagar, atau meja.

Keempat, peneliti Inggris telah menghitung bahwa jika seluruh penduduk Inggris mulai menggunakan masker sekali pakai setiap hari, itu akan menimbulkan bahaya lingkungan yang signifikan, yaitu 42.000 ton sampah plastik yang berpotensi terkontaminasi dan tidak dapat didaur ulang per tahun. Selain itu, kebanyakan orang akan memperhatikan meningkatnya sampah sembarangan di ruang komunitas, yang dapat menimbulkan bahaya lingkungan dan infeksi. Oleh karena itu, masker yang dapat digunakan kembali lebih disarankan daripada yang dapat dibuang dalam sekali pakai.

Badan kesehatan masyarakat nasional dan internasional sekarang merekomendasikan agar anggota masyarakat menggunakan masker di tempat yang sulit untuk menjaga jarak sosial, seperti di transportasi umum. Kami sangat mendorong pembaca untuk terus menjaga kebersihan tangan dan menjaga jarak sosial, tidak menyentuh wajah mereka dan menggunakan penutup wajah yang dapat digunakan kembali (bukan sekali pakai) dan membuangnya dengan aman di akhir masa pakainya.







Sumber : https://theconversation.com/four-potential-consequences-of-wearing-face-masks-we-need-to-be-wary-of-14027

Posting Komentar

0 Komentar