Ticker

6/recent/ticker-posts

Bikin nostalgia! 5 Permainan tradisional yang pernah trend pada zamannya

    

Halo, sobat jagad. Kali ini admin mau kasih informasi nih, permainan permainan yang biasa temen temen mainkan ketika kecil atau mungkin teman teman masih memainkannya sekarang. Teman teman ketika kecil pasti nya sering bermain bareng teman teman, atau sekedar jalan jalan sampai sore bahkan sampai lupa waktu. Bermain permainan tradisional sendiri tidak hanya seru tetapi memiliki manfaat lain seperti bersosialisasi dengan teman teman, melatih kecerdasan dan kreatifitas, serta dapat menyehatkan tubuh. Apakah teman teman masih ingat dengan permainan tradisional yang dimainkan ketika kecil, kalau tidak, admin ingin kasih informasi nih seputar permainan tradisional yang sering teman teman mainkan ketika kecil:

1.     1. Gobak Sodor

Permainan ini dimainkan oleh dua tim, setiap tim nya terdiri dari minimal dua pemain. Kedua tim memiliki tugas yang berbeda beda, satu tim bertugas menjaga benteng atau wilayah, dan satu tim lain berusaha untuk meloloskan diri dari penjagaan tim lawan. Bermain gobak sodor harus memiliki kecepatan dan kerja sama tim yang baik untuk memenangkan permainan. Manfaat dari permainan gobak sodor adalah bisa melatih kerja sama tim, dan tidak tergesa gesa dalam mengambil keputusan. Bagaimana sobat jagad apakah masih ingat dengan permainan gobak sodor ini 

Sumber :www.anakmandi.org

2.  Kelereng

Permainan kelereng ini biasa nya dimainkan oleh anak laki laki, bermain kelereng bisa dimainkan di mana saja, bisa di dalam atau luar ruangan. cara bermain nya mudah yaitu dengan menyentil atau mengarahkan kelereng mengenai target kelereng lawan namun cara bermain kelereng bisa berdeda beda di setiap daerah. 

sumber : www.inibaru.id

1.    3.  Layang Layang

So  Sobat jagad pasti nya sudah tau dengan permainan yang satu ini, bermain layang layang merupakan hal yang popular di Indonesia. Tidak hanya anak anak, orang dewasa juga suka bermain layang layang. Layang layang juga memiliki berbagai jenis bentuk yang unik  seperti berbagai bentuk hewan, kendaraan, karakter kartun dan lain lain. Bermain layang layang biasanya dimainkan pada tempat yang luas seperti lapangan. Untuk menerbangkan layang layang kita harus memperhatikan arah angin. Kira kira sudah berapa layang layang nih yang sobat jagad terbangkan

 sumber : sahabatnestle.co.id

4.   

4.   4. Bola bekel

Permainan bola bekel merupakan permainan tradisional yang biasa di mainkan atau disukai oleh anak perempuan, benda yang disiapkan ketika bermain bola bekel adalah bola, ukuran dari bola dapat disesuaikan sesuai keinginan dan bekel biasa nya terdiri dari enam buah bekel. Cara bermainnya yaitu dengan melambungkan bola ke atas lalu pemain mengambil bekel secara perlahan, apabila gagal maka pemain harus bergantian dengan pemain lain. Bermain bola bekel bagus untuk melatih ketangkasan dan ketelitian nih sobat jagad.

Sumber: www.kabarsidia.com

5. Petak Umpet

Permainan ini sangat legendaris nih sobat jagad, karena mungkin hampir semua anak anak pernah memainkannya. Petak umpet bisa di mainkan oleh banyak orang. Cara bermainnya yaitu menentukan orang yang akan jaga sebelum bermain, jika sudah ditentukan maka penjaga akan menghitung mundur dan pemain lain harus bersembunyi agar tidak ketahuan, tugas penjaga adalah mencari keberadaan pemain lain, jika sudah ketemu pemain yang bersembunyi maka penjaga akan menyebutkan nama, dan kembali ke tempat penjagaan. 

sumber: www.indozone.id

Itu dia sobat jagad permainan permainan tradisional seru yang pernah popular pada zamannya. Ikuti terus informasi informasi menarik lain nya melalui website dan instagram jagadmedia.  



ft











Posting Komentar

0 Komentar