Ticker

6/recent/ticker-posts

Gini Lho! Infografis dan Penjelasannya

Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/abstrak-infographic-grafis-4794135/

Akhir-akhir ini, infografis telah berkembang sebagai sarana komunikasi umum. Infografis dirancang untuk menjangkau segala kalangan dengan menyederhanakan topik yang kompleks dan mengubahnya ke dalam format yang lebih mudah dipahami. Karena penyajian datanya yang simpel dan desainnya yang menarik, popularitas infografis meningkat dan kini mudah ditemukan di berbagai jenis media.  Tapi mungkin, ada beberapa di antara kalian yang masih asing dengan istilah ini. Kira-kira, infografis itu sebenarnya apa, ya?


Pengertian

Secara singkat, infografis atau dalam bahasa inggris disebut infographic (singkatan dari information graphic) berarti “representasi visual dari informasi atau data”. Namun sebenarnya, arti infografis jauh lebih spesifik dari itu. Infografis adalah kumpulan gambar, bagan, dan teks sederhana yang merangkum penjelasan mengenai suatu topik menjadi satu agar lebih mudah dipahami.

Infografis identik dengan penggunaan teks penjelasan yang singkat dan visual yang menarik untuk mengkomunikasikan informasi dengan jelas.  Perlu diingat bahwa, visual dalam infografik nggak cuma harus menarik, tapi  juga harus memudahkan kita dalam memahami dan mengingat isi kontennya.


Manfaat Inforgrafis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, infografis sangat bagus untuk membuat informasi yang kompleks menjadi terlihat lebih simpel dan mudah dipahami. Infografis adalah solusi terbaik saat kamu perlu menjelaskan suatu topik pada seseorang yang mungkin sulit dijelaskan jika hanya menggunakan kata-kata. Berikut beberapa manfaat penggunaan infografis.

1. Memaparkan Topik yang Rumit, Menjadi Menarik

Dengan menggabungkan berbagai elemen seperti bagan, shape, font, icon, warna, dll, infografis mampu  membuat topik rumit menjadi lebih menarik untuk dipandang. Infografis identik dengan penggunaan teks yang singkat, namun memuat penjelasan yang diperlukan, sehingga pembaca yang kurang menyukai tampilan dengan teks panjang akan lebih tertarik.

2. Informasi yang Disajikan Menjadi Lebih Mudah Diingat

Ada penelitian yang menyatakan bahwa manusia lebih mudah mengingat tampilan visual dibandingan teks, dan hal itu telah terbukti kebenarannya. Informasi yang disajikan di dalam infografis tentu akan lebih mudah diingat ketimbang pembahasan yang hanya menggunakan teks saja, sebab elemen di dalam infografis didominasi oleh visual yang memikat. 

3. Pembaca Lebih Paham Dengan Inti Pembahasannya

Pembaca akan lebih paham dengan topik inti pembahasan dari data yang disajikan, jika menggunakan infografis. Hal ini dikarenakan struktur gambar pada infografis umumnya dimulai dari judul pembahasan, pembukaan dan isi, kemudian ditutup dengan kesimpulan dan referensi data yang digunakan.

4. Membangkitkan Minat Baca

Tampilan visual yang menarik tentunya akan meningkatkan minat untuk membaca bahan yang disediakan. Jika membahas sebuah topik berat yang memuat banyak paragraf dan data yang rumit, infografis adalah solusi terbaik untuk menjadikan topik tadi menjadi lebih ringan dan asyik untuk disimak.

Jenis-Jenis Inforgrafis

1. Infografis Timeline



Jika topik yang ingin kamu bahas melibatkan beberapa peristiwa atau perubahan seiring waktu, sebaiknya gunakan jenis infografis yang satu ini. Dari sudut pandang pembaca, infografis ini mudah dimengerti karena mengikuti satu aliran. Infografis timeline cocok jika kamu ingin membahas evolusi atau sejarah di balik sesuatu. Ingatlah untuk menjaga konsistensi kerangka waktu agar tidak membingungkan pembaca. Misalnya, jika kamu telah menentukan peristiwa pertama sebagai terjadi pada tahun 1990, berarti kamu tidak boleh menggunakan ukuran waktu yang berbeda seperti jam, bulan, atau hari untuk peristiwa selanjutnya.

2. Infografis Data Visualization



Dengan infografis data visualization, informasi dapat dibagikan dengan lebih cepat dan lebih efisien. Jenis ini juga memudahkan pembaca untuk mengingat informasi. Infografis ini cukup fleksibel, sebab kamu bisa menggunakan berbagai jenis elemen, seperti grafik batang, diagram lingkaran, dll. Selain itu, kamu bisa menggabungkan dua atau lebih elemen saat data yang kamu miliki beragam.

3. Infografis Proses



Infografis proses adalah infografis terbaik untuk memberikan ringkasan atau gambaran umum dari langkah-langkah dalam suatu proses. Infografis proses akan memungkinkan kamu untuk menyederhanakan dan memperjelas setiap langkah yang ada. Sebagian besar proses infografis mengikuti aliran langsung dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan. Cobalah untuk memberi warna yang berbeda untuk penomoran langkah-langkahnya, agar prosesmu mudah diikuti.

4. Infografis Comparisons (Perbandingan)



Infografis ini berguna jika kamu ingin membandingkan dua hal atau lebih. Kamu bebas memasukkan informasi sebanyak yang kamu inginkan selama informasi tersebut termasuk dalam salah satu grup yang dibandingkan. Karena nggak ada batasan jumlah hal yang dicakup, gunakan infografis perbandingan untuk membantu pembacamu dalam membandingkan beberapa hal. Gunakan warna yang berbeda untuk memperjelas perbedaan antara hal yang ingin kamu bedakan.

5. Infografis List



Jika kamu ingin berbagi tips, contoh, atau daftar, maka infografis list adalah pilihan yang tepat. Tujuan dari infografis ini adalah untuk membuat informasi yang kamu sajikan menjadi lebih menarik daripada list biasa. Penomoran apik, font, dan warna kreatif dapat membuat setiap item terlihat lebih menarik untuk disimak.


Sekian dulu pembahasan mengenai infografis. Tertarik untuk membuatnya, tapi ragu dengan skill desainmu? Jangan khawatir! Tersedia banyak situs editor online yang menawarkan beragam template gratis yang bisa dimodifikasi sesuai keinginanmu. Selamat mencoba!


Source : https://www.canva.com/infographics/templates/

Writer

Fadilla Razhya Rahmadhany


Posting Komentar

0 Komentar