Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! Kuliner Solo bikin nagih!

 


    Halo sobat jadaders, kali ini saya akan beri beberapa rekomendasi makanan dari kota Solo yang bikin kamu nagih dan ingat akan kota Solo. Yuk mari simak!

1. Selat Solo
    Selat Solo merupakan makanan khas Solo yang punya cita rasa tersendiri dengan penyajian yang menggugah selera penikmatnya. Makanan ini punya sejarah pada masa penjajahan Belanda. Selat Soto berasal dari kata “selat” yang berarti “salad” dan bistik dari “biefstuk” atau “steak”. Makanan ini awalnya terdiri dari roti, keju dan daging yang dimasak setengah matang. Dulu nya makanan ini adalah makanan masyarakat kelas atas, tetapi karena tidak mudah diterima lidah orang Indonesia sehingga dimodifikasi. Selat Solo yang dimodifikasi disajikan terdiri dari empal khas Jawa dan telur rebus. Dilengkapi dengan buncis rebus, wortel buncis, kentang goreng, dan daun selada.



2. Tengkleng
    Makanan ini mirip dengan gulai, tetapi yang membedakannya yaitu kuah nya lebih encer, berisi tulang kambing dengan sedikit dagingnya. Dulunya makanan ini adalah makanan para perkerja pada masa penjajahan Belanda, yang dimana daging kambing hanya untuk orang-orang Belanda. Para pekerja hanya dapat menikmati tulang, kaki dan kepala kambing yang sedikit dagingnya. Lalu para pekerja mengolahnya menjadi makanan yang nikmat. Bahan utama dari makanan ini tulang belulang kambing yang tidak dimakan orang-orang Belanda pada masa itu. Kuah gulai yang tidak begitu kental memberikan citarasa lebih nikmat. Jika berkunjung ke Solo dan menikmati kuliner ini, kita juga dapat memilih bagian-bagian tertentu, seperti tulang iga, kaki, mata, kuping, lidah, pipi-pipi, sumsum, otak dan lain-lain.



3. Sate Buntel
    Kalau bicara tentang sate pasti kita langsung ingat sate Madura yang sudah terkenal di Indonesia. Solo juga mempunyai sate dengan ciri khasnya tersendiri, ya! Sate buntel. Sate buntel yang pada dasarnya bahan utamanya adalah daging kambing, tetapi sekarang sudah ada olahan dari daging sapi juga. Daging kambing yang dicincang dan dililit pada tusuknya membuat ukurannya menjadi cukup besar. Sate buntel disajikan dengan sambal kecap, irisan kol, tomat dan bawang merah. 



    Nah itu beberapa kuliner khas Solo yang sangat nikmat, gimana sobat jagad ? Kalau ada saran atau yang mau kuliner khas kotanya di buat seperti diatas, silahkan komen di bawah ya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya.




Posting Komentar

0 Komentar