Ticker

6/recent/ticker-posts

Japan Sinks : 2020, Malapetaka Mengharukan Dalam Kemasan Animasi

 

Beberapa dari kalian mungkin berpikir bahwa tahun 2020 adalah tahun bencana ,hadirnya nya virus Corona atau Covid-19 membuat dunia kerepotan. Ditengah-tengah keadaan ini Netlix merilis sebuah serial Animasi dengan tema Disaster yang cukup menarik untuk ditonton berjudul Japan Sinks : 2020.

Japan Sinks : 2020 adalah salah satu dari Animasi yang disutradarai oleh Yuasa Masaaki, bagi kalian para penggemar Animasi mungkin sedikit mengenal karya-karyanya seperti Ping Pong The Animation, Devilman : Crybaby, atau Keep Your Hands Off Eizouken. Animasi ini merupakan hasil adaptasi dari sebuah novel karangan Sakyo Komatsu berjudul Japan Sinks yang diterbitkan pada tahun 1973.



Keluarga Mutou ( Ayumu, Kouichirou, Gou, Mari ) & Haruo 
Source Pict : Myanimelist

Japan Sinks : 2020 bercerita tentang negara Jepang yang mengalami serangkaian bencana alam dalam skala besar. Ceritanya sendiri berfokus pada keluarga Mutou, keluarga beranggotakan 4 orang yang terdiri dari Ayumu, Gou, Mari, dan Kouichiro dalam menghadapi bencana besar Jepang. Bencana diawali dengan Gempa Bumi besar yang membuar kota hancur diikuti dengan Tsunami yang mengguyur kota-kota. Semua anggota keluarga Mutou sendiri berhasil selamat dalam bencana tersebut, berharap semakin membaik keadaan justru malah semakin buruk. Kota terbakar dan hancur membuat warga selamat harus mengungsi ke wilayah lain.

Japan Sinks : 2020 Trailer :



Hadirnya kabar pulau Okinawa telah tenggelam juga membuat rasa cemas semakin besar. Kaluarga Mutou pun memutuskan untuk mengungsi ke wilayah barat dan berpisah dengan pengungsi lain. Hebatnya keluarga Mutou dapat menjaga kondisi mental mereka agar tetap dalam kondisi baik. Hal ini bisa terjadi berkat positifnya kedua orang tua Ayumu dalam menghadapi keadaan.

Keluarga Mutou ( Ayumu, Kouichirou, Gou, Mari ) & Haruo 
Source : Japan Sinks: 2020 | Official Trailer | Netflix

Dalam perjalanannya mencari tempat aman untuk mengungsi kita akan dituntun untuk semakin mengenal personalitas setiap karakternya. Keunikan dari masing-masing karakter membuat penonton menumbuhkan berbagai perasaan saat menontonya. Atmosfir yang terus berubah-ubah dan plot yang cukup membuat kejutan membuatnya semakin menarik. Dan tidak hanya soal bertahan hidup, pertemuan dan perpisahan juga menjadi bumbu tersendiri dalam ceritanya.



Video tenggelamnya Okinawa
Source : Japan Sinks: 2020 | Official Trailer | Netflix

Hampir setiap Episodenya kalian akan diajak untuk melihat berbagai tragedi yang cukup traumatis dan ngeri untuk disaksikan. Satu persatu dari tokoh terus menghilang dan tragedi demi tragedi membuat keluarga Mutou seakan-akan sedang ditimpa keberuntungan yang sangat buruk. Namun hampir disetiap tragedinya mengandung pesan dan kesan yang cukup membuat penonton merasa hangat dan kembali membuat para tokoh lainnya kembali bangkit. Namun sekali lagi hebatnya mereka dalam betindak dan merespon terhadap sesuatu menjadi pelsjaran yang sangat berarti bagi penonton. Tentang bagaimana kita harus tetap berpikir positif, kuat, tetap terkendali dan tidak putus asa.  

 Adegan dari setiap tragedi dan bencana juga divisualisasikan dengan cukup baik ditambah dengan iringan BGM yang cukup membuat Atmosfir cerita begitu terasa. Ciri khas gamabr dan animasi dari karya-karya Yuasa juga membuat semakin bagus. Studio Science Saru juga mengerjakannya cukup baik dan rapih.



Source : Japan Sinks: 2020 | Official Trailer | Netflix

Pokoknya saat kalian menonton seris ini kalian akan dibawa naik turun sama atmosfir ceritanya. Kalian akan dibuat merasa kesal, sedih, kecewa, senang, dan takut. Seperti bagaimana para tokoh satu-persatu hilang dan tokoh lainnya berusaha sekuat tenaga untuk terus terlihat kuat dan tidak putus asa menghadapi kenyataan tersebut.  Terdapat adegan yang malah terasa seperti adegan film horror karena terasa sangat mencekam. Bahkan adegan-adegannya membuat penulis harus berkali-kali melakukan Pause/Play pada saat menonton hanya untuk mempersiapkan diri kembali melihat kelanjutannya.


Namun seris ini ternyata cukup mendapat respon yang kurang baik apalagi dari para penggemar animasi Yuasa, banyak yang mengatakan seris ini merupakan karya terjelek Yuasa. Hingga Score penilaian disitus forum anime besar seperti Myanimelist, Japan Sinks: 2020 hanya mendapatkan Score 6.53 saja (9 Agustus 2020). Memang bisa dikatakan bahwa Score-nya lebih rendah dari judul-judul terkenal Yuasa lainnya. Tapi nilai Score tersebut hanya sebatas penilaian dari orang-orang, hanya karena orang berkata seris ini jelek bukan berarti seris ini tidak cocok dengan kalian.

Kalian harus menontonnya sendiri, jangan sampai terpengaruh sama penilaian orang sebelum menontonnya. Penulis memang mengakui seris ini mungkin sedikit terlihat lebih lemah dari judul-judul Yuasa lainnya, namun tetap penulis merasa seris ini bukanlah seris yang buruk. Perasaan-perasaan yang penulis rasakan pada saat menontonnya adalah bukti seris ini dapat sampai kehati penonton dan merupakan seris Animasi yang baik. Berkat seris ini juga penulis lebih mengerti akan pentingnya keluarga, saling tolong menolong, pentingnya terus mempunyai harapan, dan bagaimana untuk terus berjuang dan tidak putus asa. Oleh karena itu kalian harus mencoba menonton Japan Sinks : 2020, karena bukan hanya sekedar menghibur tapi menjadi pelajaran hidup juga. Kalian bisa menontonnya sekarang dipaltform Netflix, jangan nonton yang bajakannya ya. Kuy buruan nonton…

 

Source 

Pict                                   : Myanimelist , Anime News Network
Profil Japan Sinks 2020   : Myanimelist,


Writer

Alam Fauzi Gumilar

Posting Komentar

0 Komentar