Ticker

6/recent/ticker-posts

Pilih Yang Mana? Membrane atau Mechanical? Mari Mengenal Jenis Keyboard

JagadMedia - Hai semua apa kabar kalian semua semoga masih sehat dan tetap sehat , meski akhir bulan tapi harus tetap semangat menjalani hari , kali ini kami hadir kembali dengan memberikan sebuah informasi tentang :

“apasih mechanical keyboard?”
“kenapa mechanical keyboard sangat di rekomendasikan?”
“kan lebih nyaman memakai membrane keyboard
”bukannya sama aja yaa setiap keyboard?”
untuk gitu cekidot dan simak artikel ini.

Di dalam kehidupan berkomputer dengan perangkat-perangkatnya, keyboard merupakan  sebuah perangkat yg sangat penting untuk sekedar mengetik bahkan saat menggunakannya sebagai bermain game, keyboard  sendiri mempunyai beberapa jenis seperti membrane switch  dan  mechanical keyboard  mari kita bahas mulai dari membrane switch.


Keyboard Membrane Switch


Yup kalian pasti sudah tidak asing dengan keyboard  jenis ini , mengapa? Karena keyboard jenis ini sangat banyak kalian temui seperti misalnya di perkantoran , sekolah ,kampus dan masih banyak lagi. Keyboard ini memiliki komponen penahan berbentuk kubah yg berdasar dengan bahan karet yg mempunyai tujuan sebagai penahan dari tekanan tombol dan juga sebagai pegas penahan agar keyboard  dapat kembali seperti semula, biasanya pegas karet ini disebut Rubber Dome.

Kelebihan Membrane Keyboard

Kelebihan dari keyboard ini adalah harganya yg murah , mudah ditemukan dan juga dapat ditemukan mudah di toko komputer didekat anda , selain itu membrane keyboard  ini juga mudah di kostumisasi menjadi keyboard laptop karena dapat merubah karet pegasnya sedikit dipertipis namun perbedaannya dengan  yg terdapat di toko adalah keyboard pada switch-nya  keyboard pada laptop memiliki fitur tambahan lain yaitu Scissor Switch  di sekitar Rubber Dome.

Kekurangan Membrane Keyboard

Kelemahan dari membrane switch  ini adalah pada letak rubber switchnya  yg mudah kotor oleh debu dan tidak tahan lama , biasanya setelah pemakaian satu bulan normal ataupun intensif dalam pengetikan , rubber dome akan haus dan biasanya jika sudah haus , tombol akan langsung turun ke bawah dan hilangnya efek umpan balik saat tombol itu ditekan.

Mechanical Keyboard


Jenis keyboard ini berbeda dari pembahasan sebelumnya, karena keyboard ini menggunakan sistem mekanik pada bagian switch-nya yg terdiri dari besi , aluminium yg terletak pada kotak switch-nya. 

Berbeda dengan membrane switch, mechanical switch memiliki beberapa tipe yg dikembangkan oleh beberapa produsen switch  diantaranya : Cherry mx , gateron , outemu dst. Produsen tersebut mengembangkan switch mekanik yg terbagi pada beberapa model , dan setiap switch memiliki keunikannya masing masing , kami akan memberikan beberapa contoh switch  pada mechanical keyboard antara lain :

1. Blue Switch

Seperti namanya switch ini memiliki warna biru pada plastik diatasnya , ciri khas dari switch ini ialah  suaranya yg sangat chlicky dan keras , switch ini sangat cocok untuk user  yg membutuhkan konsentrasi tinggi dalam artian tidak boleh mengantuk , biasanya tipe ini sering digunakan untuk bermain game dan bahkan tak jarang user  memilih ini untuk aktivitas pembuatan dokumen.


2. Red Switch 


Switch dengan warna merah di atasnya ini memiliki sifat yg linear , yg artinya ketika akan di tekan akan terasa mulus dan lancar ke bawah. Tenaga yg dibutuhkan untuk switch  ini tidak terlalu besar sehingga terasa ringan dan tidak menimbulkan suara clicky  seperti pada Blue Switch , switch ini cocok untuk streamer game  atau pekerja yg ingin menggunakan mechanical keyboard  namun ingin tidak terlalu clicky.

3. Brown Switch


Switch  ini memiliki suara atau bunyi tactile dimana volume suaranya sedang , tidak terlalu berisik dan tidak terlalu senyap , switch ini cocok untuk pekerja atau gamer  yg ingin beraktivitas ringan dan tidak terlalu berat , karena switch ini hampir tidak menimbulkan suara.

Selain tipe tipe diatas kami juga memiliki penjelasan lengkapnya :

Kelebihan Mechanical Keyboard

Kelebihan dari mechanical keyboard adalah daya tahan yg cukup lama untuk dipakai , kemudian kita bisa mengganti switch  dengan sesuka hati  , lalu cara membersihkannya juga tidak terlalu rumit karena kita bisa langsung membuka keycaps pada keyboard  secara langsung untuk membersihkan debu dan kotoran yg tertinggal  setelah menggunakannya

Kekurangan Mechanical Keyboard

Kekurangan dari keyboard jenis ini mungkin terletak pada harganya yg cukup tinggi karena komponennya yg lebih banyak dari membrane keyboard  tergantung dari bahan case  dan komponen. 

Jenis Ukuran Keyboard

Ukuran dari keyboard  mekanik ini memiliki beberapa ukuran , mulai dari full size  , Ten Key Less (TKL) ,dst. Jenis jenis itu terdapat perbedaan pada jumlah keycapsnya  seperti  gambar ini


Sekilas adalah beberapa perbedaan antara membrane keyboard  dan mechanical keyboard keduanya memiliki keunikannya masing masing dan juga memiliki fungsi yg tidak jauh berbeda , pilihan tetap di tangan kalian . terimakasih telah mengikuti artikel kami sampai selesai  , sampai jumpa di pembahasan selanjutnya goodbyeee dan silahkan komen dibawah untuk artikel selanjutnya terima kasih


Writer

Ari Parasto

Posting Komentar

0 Komentar