Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Fungsi-fungsi Dasar yang Ada Pada Unity Engine

 Unity Real-Time Development Platform | 3D, 2D VR & AR Engine

Halo sahabat jagad, dari kalian ada yang tau ga unity itu apa? kalian tau kan pasti ? tau lah ya, kalo ga tau yuk sini kita bahas.

Disini saya ingin ngasih tau apasih itu unity ? apasih kegunaan unity ? dan apasih fungsi fungsi yang ada di unity?

Apa itu unity ?

Unity merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan game, dan animasi 2D dan 3D. Unity juga bisa untuk membuat game PC, Smartphone dan AR loh. Unity sangat mudah digunakan dan simpel karena banyak sekali bahan bahan yang sudah tersedia pada aplikasi ini, seperti halnya terrain dan asset lainya. penasaran ? yuk simak...

Unity Hub

Ini adalah tampilan awal saat kalian ingin menggunakan unity melalui unity hub sahabat, disitu ada menu Add, New, Projects, Learn, Community, dan Installs

apa saja sih kegunaan menu tersebut ?

Menu New

tampilan ini jika kalian menggunakan menu New untuk membuat project baru, disitu terdapat template 3D, 2D, Nama Project dan lokasi untuk penyimpanan projectnya.

Menu Add

dimenu add ini kalian bisa menambahkan project yang sudah kalian buat, atau punya orang yang sudah kalian download ya hahaha. 

Menu Learn 

Nah kalo dimenu ini kalian bisa mendownload project dari unitynya loh, disitu kalian bisa belajar dan mengubah project yang ada dari unity, kalian bisa mencoba-coba kreasi kalian untuk belajar membuat game sendiri.

Menu Community

dimenu community ini terdapat menu Forum dan lainya, tetapi menu ini masih versi BETA yaaa

jika kalian membuka menu forum, kalian akan dialihkan ke website Unity Forum disitu kalian bisa mencari diskusi orang orang tentang berbagai macam topik sahabat.

Project 

Tampilan jika kalian sedang membuat project seperti ini contohnya, penasaran kan apa saja yang akan saya bahas? kuy simaakkkk

Hierarchy

di menu hierarchy ini terdapat scene yang kalian buka, object object yang ada pada scene, dan kalian bisa membuat object baru seperti 3D object, Camera, Lighting dan lain lainya.

Project

dimenu project ini kalian bisa melihat isi aset yang sudah kalian import, atau kalian buat, kalian bisa memasukan juga object 3D yang sudah kalian download kedalam project ini, dan bisa kalian gunakan jika formatnya sesuai yah.

Console

dimenu console ini kalian bisa melihat dosa kesalahan kalian ya sahabat, mulai dari error, apa saja yang sedang berjalan saat kalian play dan lain lainya, jadi kalian bisa intopreksi diri jika ada kesalahan hehe

Inspektor

menu inspektor ini kalian bisa melihat apa saja yang ada pada object jadi jika kalian memilih objek akan muncul seperti gambar seperti dicontoh,mimin ambil contoh dengan memilih objek kamera. oh iya kalian juga bisa menambahkan script, material untuk warna dan lainya.

Layar Scene

dilayar scene kalian bisa mengatur posisi object pada project kalian yah, seperti mengatur cahaya, memindahkan object, mengecilkan atau membesarkan object dengan menggunakan menu pada gambar dibawah.

 Layar Game

pada layar game kalian bisa melihat seperti apa object kalian jika terlihat didepan kamera tersebut, jika kalian menggunakan  menu play, dan pause (  )jika kalian ingin memulai animasi atau game yang sudah kalian buat.

Asset store

dimenu aset store ini kalian bisa melihat dan mendownload asset yang sudah ada pada www.assetstore.unity.com , dan kalian bisa langusung mengimportkanya disini 


 Animator

nah pada menu animator ini kalian bisa menambahkan animasi kalian dan mengatur kondisi animasi kalian yah, eits tapi jangan lupa kalian buat diproject dan add component pada inspector kalian ya.


yah sekian sedikit ilmu dari mimin jika kalian ingin tau tentang unity jangan lupa ikuti terus jagadmedia ya sahabat...


Credit : https://www.imedia9.net/

Posting Komentar

0 Komentar