Ticker

6/recent/ticker-posts

Penting! Inilah Manfaat Sholat Tahajud



JagadMedia - Assalamualaikum.Wr.Wb Kembali lagi bersama mimin JaMed, kali ini kita akan membahas tentang manfaat sholat tahajud. Sebelumnya itu apa sholat tahajud ? yaitu shalat yang dikerjakan pada waktu sepertiga malam setelah terbangun dari tidur. untuk selanjutnya nah cekidot dibawah yaa ^^.

Hukum Shalat Tahajud adalah Sunnah Muakad. Hukum Sunnah artinya bila dikerjakan mendapat pahala dan bila di tinggalkan tidak berdosa. Sedangkan Sunnah Muakad adalah pekerjaan suunah yang sangat dianjurkan. Jadi Shalat Tahajud sangat dianjur pengerjaan nya.

Kapan Waktu Jam Pengerjaan Sholat Tahajud ?

Waktu pengerjaan shalat Tahajud adalah pada waktu sepertiga malam setelah kita bangun dari tidur. Namun ada waktu waktu yang dianjurkan untuk pengejaan shalat tahajud.

• Setelah Shalat Isya sampai dengan pukul 22.00

Setelah Shalat Isya sampai dengan pukul 22.00 bisa kita sebutkan sebagai sepertiga mlam yang pertama. Namun pengerjaan tetap setelah di awali dengan waktu tidur.

• Pukul 20.30 sampai dengan pukul 22.00

Pukul 20.30 sampai dengan pukul 22.00 bisa kita sebutkan sebagai sepertiga malam yang pertama. Namun pengerjaan tetap setelah di awali dengan waktu tidur.

• Pukul 22.01 sampai dengan pukul 01.00

Rentang waktu antara pukul 22.01 sampai dengan pukul 01.00 adalah sepertiga malam yang kedua. Namun pengerjaan tetap setelah di awali dengan waktu tidur.

• Pukul 01.01 sampai menjelang waktu subuh

Rentang waktu ini adalah adalah sepertiga malam yang ketiga atau sepertiga malam terakhir yang terakhir untuk mengerjakan Shakat Tahajud. 


Bagaimana Cara Mengerjakan Sholat Tahajud ?

Shalat Tahajud dikerjakan pada waktu sepertiga malam yang diawali dengan waktu tidur. Jumlah rakaat shalat tahajud minimal 2 rakaat. Dalam sebuah Hadis riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Rasullah SAW mengerjakan Shalat Tahajud antara 11 atau 13 Rakaat sudah termsuk witir.

Niat shalat tahajud adalah adalah Ushalli sunnatat Tahajudi rak├ítaini mustaqbilal qiblati adaan lillahi ta’ala. Yang kalau di Indonesia kan kurang lebih berbunyi aku niat shalat tahajud dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.


Apa Manfaat Sholat Tahajud ?

Segala sesuatu yang diperintahkan Allah SWT dan Rasulullah SAW untuk dikerjakan, tidaklah ada yang sia sia. Semua pasti ada hikmah dan manfaat yang akan kita rasakan, walau kadang kadang kita tidak menyadarinya.

Ada banyak sekali makna atau manfaat dari kita mengerjakan Shalat Tahajud diantaranya adalah :

1. Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan, namun banyak dari kita sulit sekali untuk mengerjakannya, hal ini karena pelaksanaannya dilakukan pada waktu sepertiga malam setelah melawati masa tidur. Namun justru karena itu, karena ketaqwaan pada Allah SWT kita mengerjakan tanpa merasa terpaksa.

2. Terangkatnya Derajat 

Allah SWT akan mengangkat derajat bagi mereka mereka yang ahli Ibadah Tahajud. Hal ini sesuai dengan Firman dalam QS Al-Isra ayat 79-80 yang artinya dan pada sebagian malam (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

3. Penghapus Dosa 

Dalam sebuah riwayat oleh Tarmizi disebutkan bahwa Rasullullah bersabda : hendaklah kamu mengerjakan shalat malam, karena shalat malam dapat mendekatkan mu dengan Allah SWT dan mampu menghapus kesalahan dan mencegah perbuat dosa.

4. Mempermudah dikabulkannya Doa 

Setiap manusia tentu ingin setiap doa-doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Shalat Tahajud merupakan salah satu jalan agar doa-doa kita cepat dikabulkan oleh Allah SWT.


Manfaat Sholat Tahajud Bagi Kesehatan ?


1. Pengontrol Emosi

Setiap manusia tidak lepas dari berbagai masalah, jika permasalahan itu terlalu berat, sehingga membuat emosi tidak terkontrol, maka bangunlah tengah malam dan shalat Tahajud lah. Disana kita bisa merenung, berdoa agar semua permasalahan yang kita hadapi bisa teratasi dengan baik.

2. Membuat Hati Merasa Bahagia

Saat malam hari otak kita akan melepaskan serotonin (hormon yang ada dalam tubuh yang berfungsi mengontrol suasana hati dan juga mencegah depresi), beta endorsin (zat yang dikeluarkan dari tubuh saat kita mengalami stress atau sakit dan melatonin (hormon yang membuat kita dapat tidur). Itulah sebabnya saat terbangun kita sering merasa lega. 

3. Aliran Darah Menjadi Lebih Lancar

Mengapa shalat tahajud bisa membuat aliran darah menjadi lancar. Hal ini disebabkan shalat tahajud dilakukan pada waktu sepertiga malam dimana udara sedang bersih. Semua gerakan yang dilakukan dalam shalat membuat tubuh dan otot kita bergerak sehingga aliran darah kita menjadi lebih lancar.

Sekian dari mimin JaMed nah untuk artikel selanjutnya silahkan stay tune, dan juga jangan lupa share dan komen dibawah ya untuk mengsupport Artikel dari mimin JaMed juga, Terima Kasih Wassalamualaikum.


Writer

Johan Arifin

Posting Komentar

0 Komentar