Ticker

6/recent/ticker-posts

Sedang WFH? Yuk coba aplikasi ini agar tetap produktif


Ilustrasi WFH (Sumber : unsplash.com)

Halooo sobat Jagad! - Bagaimana nih kabarnya? Mudah-mudahan kalian selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini admin ingin membagikan tips and trick nih yuk simak. Dalam masa pandemi Covid-19 seperti ini, banyak perusahaan yang merumahkan karyawan mereka atau istilahnya Work From Home (WFH) bahkan sekolah dan kampus pun ikut merumahkan para pelajarnya atau istilahnya Study From Home (SFH). Namun kamu yang sedang WFH ataupun SFH tidak perlu khawatir, ada aplikasi bantu yang siap membuat kamu tetap produktif walaupun WFH/SFH. Mau tau? Ini dia aplikasinya :

1.    Google Drive

Sumber : Google drive

Ingin menyimpan file namun juga sekaligus ingin membagikannya ke sesama rekan kerja? Google Drive adalah solusinya. Google Drive adalah sebuah penyimpanan awan (Cloud Storage) besutan Google. Disini kamu bisa menyimpan file dan membagikannya dengan rekan kamu, untuk menggunakan Google Drive kamu harus mempunyai satu akun Gmail dan pada awal penggunaan kamu akan mendapatkan storage gratis sebesar 15Gb. Namun jika kamu merasa kapasitas itu kurang kamu bisa membeli kapasitas dengan harga 26.900/bulan (Rp.269.000/tahun) untuk 100 Gb dan 200 Gb dengan harga 43.000/bulan (430.000/tahun).

2.    Zoom Meeting
 
Sumber : Zoom Meeting

Zoom adalah aplikasi video conference besutan Zoom Video Communications.inc, sebuah perusahaan teknologi San Jose, California Amerika Serikat. Aplikasi ini berfungsi  sebagai media video conference yang dapat menampung 100 peserta dengan durasi 40 menit untuk akun gratis. Namun anda bisa membeli per host dengan harga $14, dengan fitur dapat menampung 500 orang dan cloud storage 1 gb. Zoom sering digunakan untuk rapat tertutup dan media untuk belajar bagi pelajar yang sedang belajar dirumah. Zoom bisa digunakan diberbagai platform, seperti android, iOS, macOS dan Windows.

3.    Google Docs
 
Sumber : Google Docs

Google docs adalah sebuah aplikasi layanan pengolah kata berbasis web besutan Google. Google docs berfungsi sebagai mana aplikasi pengolah kata lainnya seperti Ms Word, namun di Google docs kamu bisa membagikan file kepada temanmu sekaligus mengeditnya bersama sama, sehingga dimasa pandemi seperti ini akan sangat mudah berkolaborasi dengan temanmu tanpa harus berada disatu tempat dan waktu yang sama untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

4.    Whatsapp
 
Sumber : Whatsapp

Whatsapp adalah sebuah aplikasi chating gratis serbaguna, disini kamu bisa melakukan chating dengan rekan kamu atau bahkan membuat satu grup dengan banyak orang dan melakukan video call grup untuk meeting. Disini kamu juga bisa membagikan file, foto dan video dengan orang lain dengan sangat mudah. Whatsapp juga dapat diakses diberbagai platform seperti smartphone atau pun PC dan laptop.

5.    Trello
 
Sumber : Trello

Trello merupakan aplikasi untuk berkolaborasi dalam pekerjaan, dengan seorang teman atau dengan suatu tim untuk mengerjakan suatu proyek. Trello akan membantumu menyusun dan menyelesaikan tugas bersama sama. Disini kamu juga bisa memantau progress kerja kamu serta mengatur deadline tugas kamu.

Nah dengan aplikasi aplikasi diatas bisa membuat kamu tetap produktif walaupun dengan bekerja ataupun belajar dari rumah.  Jadi WFH atau SFH bukan alasan kamu untuk tidak bisa produktif, namun jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatannya ya.


Posting Komentar

0 Komentar