Ticker

6/recent/ticker-posts

Smartphone Mahal Kok Lemot?! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya


JagadMediaSmartphone kini bukan lagi sebagai barang pelengkap, melainkan sudah menjadi barang wajib untuk dimiliki. Berbagai macam jenis smartphone dengan range harga dan spesifikasi yang berbeda bermunculan di pasar global, berbagai brand smarphone pun berlomba-lomba membuat smartphone dengan kualitas yang gahar demi menunjang dan memanjakan para penggunanya.

Spesifikasi memanglah berpengaruh terhadap kecepatan dan ketanguhan sebuah smartphone dalam menjalankan aplikasi ataupun game, tapi pernahkah kamu membeli sebuah smartphone dengan harga yang lumayan tapi ternyata saat digunakan bermain game atau aplikasi tidak memuaskan? kalo kata anak sekarang “hp kentang”.

Nah sobat jagad jangan khawatir, kali ini kita akan membahas tentang beberapa faktor yang mempengaruhi smartphone menjadi lemot dan cara mengatasinya, sebagai berikut:

1. OS Smartphone Terlalu Jadul


Operating system menjadi sebuah dasar dari sebuah smartphone, ada beberapa pilihan os yang tersedia di market seperti Android, IOS, Windows phone, dan Blackberry os. Setiap developer os akan selalu memperbarui system operasinya agar selalu up to date dan mampu menjalankan aplikasi aplikasi yang baru. Dengan os yang jadul dapat menguragi performa dari smartphone kamu loh sobat jagad. Jadi pastikan os smartphone kamu selalu up to date ya.

2. Aplikasi Latar Belakang yang Banyak


Biasanya beberapa aplikasi yang sudah kita tutup tidak sepenuhnya tertutup, dia akan berjalan atau kata lain standby itu memakan ram, dengan itu akan semakin berkurang juga kecepatan smartphone kamu. Jadi jika kamu ingin bermain game atau membuka aplikasi agar tidak lemot, pastikan tutup semua aplikasi yang tidak perlu ya.

3. Virus atau Malware


Nah ini dia penyebab yang sangat sering membuat smartphone menjadi lemot, biasanya tanpa kita sadari virus atau malware akan masuk ke smartphone saat kita menunduh aplikasi dari pihak ketiga atau dalam kata lain aplikasi crack. Virus dan malware dapat menyebabkan smartphone kamu lemot bahkan bisa sampai error loh, jadi hati hati ya sobat jagad kalau ingin mengunduh sesuatu. Untuk mengatasinya gunakanlah antivirus seperti Norton ataupun antivirus yang kalian percaya untuk menjaga smartphone kalian dari virus maupun malware.

4. Memori Internal yang Penuh


Walaupun kita membeli smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar, dengan tidak selektifnya kita medownload aplikasi dapat menyebabkan penuhnya memori internal. Jika penuh kita tidak dapat menyimpan data sementara sebuah aplikasi yang biasanya disimpan dimemori internal. Dengan itu, maka bukan hanya membuat smartphone lemot tapi kita juga tidak bisa menyimpan dan kemungkinan crash saat membuka aplikasi menjadi besar. Jadi sobat jagad hapus data yang menurut kamu tidak penting ya agar tidak memenuhi memori internal.

5. Data Cache yang Banyak 


Pasti kita sangat sering melakukan browsing di internet menggunakan smartphone, dengan menghapus data cache browser secara berkala, dapat membuat penyimpanan kamu menjadi lebih banyak. Dan pastinya akan membuat kamu leluasa membuka aplikasi lainnya.

Memang banyak sekali faktor yang mempengaruhi peforma sebuah smartphone, penggunaan yang terlalu membebankan smartphone juga dapat mempercepat kerusakan smartphone tersebut. Jadi sobat jagad harus pintar pintar menggunakan smartphone sesuai dengan kapasitas spek smartphone kalian ya, jangan terlalu memaksakan.

Nah gimana nih sobat jagad udah pada tau kan beberapa faktor yang membuat smartphone kamu lemot? jika ada tambahan lain boleh yuk komen dikolom komentar. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.



source: tech.co/phones

Posting Komentar

0 Komentar