Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Dasar Menjadi Seorang Programmer


Halo sobat Jagad, kali ini saya akan membahas tips and tricks untuk menjadi seorang programmer. Bahasa utama yang harus kamu fokuskan untuk belajar sesuai dengan jenis programmer yang kamu inginkan, dan apa cara terbaik untuk mempelajari bahasa-bahasa ini. Kami akan membahas semua yang perlu kamu ketahui.

 

Apa yang Dilakukan Programmer Komputer?

Sebelum kita mulai mencari cara untuk menjadi seorang programmer, saya perlu memastikan bahwa kamu memiliki pemahaman yang lengkap tentang apa yang dilakukan oleh seorang programmer komputer. Seorang programmer adalah seseorang yang menulis kode yang memberitahu komputer atau perangkat lain apa yang harus dilakukan.

 

Dalam kasus pengembang perangkat lunak, mereka mengambil konsep atau desain dan menulis kode yang memberi tahu komputer bagaimana menjalankan suatu konsep. Dalam sebagian besar situasi, seorang programmer komputer sedang membangun atau menciptakan sesuatu berdasarkan parameter desain orang lain. Namun, beberapa programmer merancang program mereka, jadi ini selalu menjadi pilihan jika kamu orang yang berjiwa wirausaha.

 

Cara Menjadi Programmer: Panduan Langkah Demi Langkah

Mempelajari pemrograman itu sulit. Namun, ketika kamu membandingkannya dengan keterampilan dan jalur karier lain, menjadi seorang programmer akan menjadi salah satu pilihan terbaik dan termudah yang kamu buat!

·         Programmer bekerja di bidang yang sangat menarik di mana setiap hari membawa tantangan dan pengetahuan baru.

·         Programer memiliki kesempatan untuk bekerja untuk diri mereka sendiri, untuk bekerja berapa pun jam yang mereka inginkan, dan untuk bekerja dari rumah jika mereka mau.

·         Pemrograman sangat mudah dipelajari jika dibandingkan dengan keterampilan lain yang dapat memakan waktu tiga tahun atau lebih di universitas. Tentu, kamu bisa menghabiskan beberapa tahun dalam hidup kamu dan belajar pemrograman di universitas, tetapi kamu bisa mempelajarinya melalui media online.

Seperti yang kamu lihat, ada banyak alasan mengapa kamu ingin menjadi seorang programmer. Beruntung bagi kamu, saya di sini untuk menunjukkan kepada kamu bagaimana melakukan hal itu dalam tujuh langkah sederhana. Ngomong-ngomong, salah satu hal terbaik tentang belajar pemrograman adalah ada begitu banyak cara untuk melakukannya. kamu dapat mendaftar di program gelar IT, atau memulai sendiri dengan kursus online, latihan, dan bantuan rekan.

 


Langkah 1: Pahami Mengapa Kamu Ingin Memulai Pemrograman

Langkah pertama dan salah satu langkah paling penting tentang bagaimana menjadi seorang programmer adalah mengidentifikasi alasan kamu untuk memulai. Duduk dan pikirkan baik-baik tentang pertanyaan-pertanyaan berikut, karena jawaban kamu akan membantu dalam memutuskan dengan tepat jalan yang harus diambil.

 

Mengapa Kamu ingin belajar pemrograman?

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri sebelum melangkah lebih jauh. Apakah kamu ingin mengubahnya menjadi karier? Apakah kamu memiliki proyek atau konsep yang ingin kamu wujudkan sendiri? Atau apakah kamu hanya ingin belajar bagaimana menjadi seorang programmer karena itu adalah sesuatu yang 'keren' saat ini?

 

Apakah Kamu serius belajar program?

Ini pertanyaan yang sangat penting untuk diajukan. Apakah kamu serius belajar bagaimana menjadi programmer dan mendapatkan pekerjaan di lapangan, atau hanya iseng saja? Jika kamu serius, maka kamu harus dapat meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk mempelajari keterampilan pemrograman sehingga kamu dapat mulai berlatih.

 

Langkah 2: Tentukan Bidang Apa yang Ingin Kamu Tuju

Ada berbagai jenis pemrograman. Ketika kamu mencari tahu cara belajar pemrograman, kamu harus berpikir dengan sangat hati-hati tentang bidang apa yang kamu rencanakan untuk mencari pekerjaan. Beberapa jenis programmer yang paling populer meliputi:

 

Web Developers

Web Developers dapat dipisahkan menjadi pengembang front-end (sisi klien) dan back-end (sisi server). Programmer front-end bertanggung jawab untuk menulis kode yang menentukan seperti apa sebuah situs web dan bagaimana kontennya disajikan. Programmer back-end diminta untuk menulis aplikasi web dan program rumit lainnya yang menyediakan kerangka kerja untuk menjalankan situs web.

 

Software Programmer

Software Programmer  bertanggung jawab untuk membuat perangkat lunak. Mereka biasanya mengambil desain atau konsep yang telah dibuat orang lain dan menulis kode untuk mengubahnya menjadi produk yang berfungsi.

 

Data Scientists

Data Scientists biasanya bekerja dalam penelitian atau akademisi, di mana mereka menggunakan Python hampir secara eksklusif untuk menganalisis dan memanipulasi data ilmiah. Spesialis-spesialis ini sering kali adalah peneliti sendiri, dan mereka sering menggunakan kode untuk membuat pekerjaan mereka lebih mudah.

 

Database Administrator

Database Administrator memiliki beberapa gulungan. Mereka terutama bertanggung jawab untuk mengambil sejumlah besar data perusahaan dan mengamankan, mengorganisir, dan menganalisisnya. Jika kamu menyukai statistik dan analisis data konsumen, kamu harus melihat lebih dekat apa yang dilakukan oleh Database Administrator.

 

Mobile App Development

Seiring meningkatnya jumlah pengguna ponsel pintar, permintaan untuk aplikasi seluler baru yang menarik juga bertambah. Mobile App Development salah satu bidang pemrograman yang paling menguntungkan dan banyak dicari, terutama jika kamu mengerjakannya sendiri. Pekerjaan lepas sangat umum bagi seorang Mobile App Development.

 

Langkah 3: Belajar Bahasa Pemrograman

Setelah menetap di bidang pemrograman, kamu perlu mempelajari bahasa yang relevan dengan bidang itu. Misalnya, kamu perlu CSS, dan JavaScript untuk menjadi pengembang web front-end, dan sesuatu seperti Java jika kamu ingin mulai membangun aplikasi seluler.

Berikut adalah beberapa bahasa pemrograman yang paling populer dan penggunaannya. Pastikan kamu melakukan riset untuk memastikan bahwa kamu mempelajari bahasa yang tepat untuk bidang yang kamu harapkan.

 

Python

Mempelajari cara menjadi seorang programmer dengan Python sangat penting untuk seorang programmer modern. Salah satu bahasa pemrograman yang paling fleksibel dan luas di dunia, Python adalah pilihan yang cocok untuk orang yang ingin bekerja dalam ilmu data, pengembangan perangkat lunak, atau hampir semua bidang pemrograman lainnya. Python juga digunakan dalam beberapa teknologi baru seperti pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan/AI.

 

CSS / HTML

Jika kamu ingin masuk ke segala jenis pengembangan web front-end, maka HTML dan CSS adalah bahasa mutlak yang harus dikuasai. HTML dan CSS adalah Bahasa yang terpisah. Namun, kedua bahasa digunakan bersama untuk membuat halaman web yang menarik dan dirancang dengan cerdas.

 

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman serbaguna lain yang digunakan untuk banyak hal. Jika kamu ingin belajar cara menjadi seorang programmer. JavaScript digunakan untuk desain web front-end interaktif, pengembangan aplikasi web back-end, pengembangan game, dan bahkan dalam robotika.

 

Java

Java merupakan salah satu bahasa paling serbaguna di dunia. Java sangat sederhana untuk dipelajari, bunyinya seperti bahasa Inggris, dan itu adalah favorit di kalangan pemula. Ini digunakan untuk banyak hal, mulai dari pengembangan aplikasi seluler Android hingga pengembangan aplikasi web back-end.

 

Langkah 4: Berlatih, Berlatih & Berlatih Lebih Banyak Lagi

Jadi kamu ingin tahu cara menjadi seorang programmer, kan? Nah, ini sedikit rahasia untuk kamu:

kamu harus berlatih. kamu harus banyak berlatih!

Benar, kunci untuk menjadi programmer yang baik adalah latihan! Berlatihlah menulis kode sejak kamu mulai belajar. Tulis program kecil kamu lalu unduh editor kode di peramban/blog kamu. Bagikan itu dan biarkan orang lain untuk mengkoreksi dan mengkritik kode kamu. Cobalah dan pelajari sesuatu yang baru setiap hari, dan berlatih sampai kamu benar-benar fasih dalam semua aspek bahasa pemrograman pilihan.

 

Langkah 5: Mulai Membangun Portofolio Pekerjaan

Saat kamu berlatih, kamu harus mulai membangun portofolio. Ingin tahu cara menjadi pemrogram komputer? Nah, salah satu kuncinya adalah memiliki portofolio yang layak yang dapat kamu tunjukkan kepada calon pemberi kerja.

 

Ketika kamu pergi untuk melamar pekerjaan sebagai programmer tingkat pemula, ingatlah bahwa mungkin ada setidaknya beberapa orang lain yang melamar pekerjaan yang sama. kamu perlu melakukan sesuatu yang membuat kamu menonjol di atas dan di depan orang banyak. Portofolio dan jam terbang adalah cara terbaik untuk melakukan ini.

 

Saat kamu belajar bagaimana menjadi seorang programmer, simpan semua bit kode yang kamu tulis. Simpan di suatu tempat - sebuah situs web adalah ide bagus, karena kamu dapat menyesuaikan atau bahkan membangunnya menggunakan pengetahuan pengkodean kamu - dan membuatnya dapat diakses oleh calon pemberi kerja saat kamu melamar pekerjaan.

 

Langkah 6: Jangan Pernah Berhenti Belajar!

Seperti yang dapat kamu bayangkan, pemrograman adalah bidang yang berkembang pesat. Mempelajari cara menjadi seorang programmer hari ini tidak akan selalu memberi kamu keterampilan yang dibutuhkan untuk tetap menjadi programmer yang baik. Untuk beberapa dekade mendatang, kamu harus terus belajar keterampilan baru dan bahasa baru.


Posting Komentar

0 Komentar