Ticker

6/recent/ticker-posts

Wajib Tahu! Software 3D Andalan Para 3D Game Artist!

Perkembangan industri game di Indonesia tengah mengalami kemajuan pesat. Setelah masuknya game-game hits dari luar seperti Player Unknwon Battleground, Mobile Legdends dan Clash of Clans, developer-developer lokal mulai terpacu untuk terjun ke industri ini. Nah, untuk membuat sebuah game, diperlukan sebuah tim untuk mengerjakannya, biasanya satu tim secara garis besar memiliki minimal seorang Progammer, Game Designer dan 2D/3D Game Artist.

Pernah ngga sih kalian kepikiran, bagaimana caranya mereka membuat grafis mereka yang bagus, aduhai dan begitu memanjakan mata? Segala urusan grafis dan aset visual dikerjakan seorang Game Artist, baik itu aset 2D maupun 3D. Ternyata kalian juga bisa lho membuat grafis 3D yang sama bahkan lebih bagus daripada yang sering kalian mainkan di game kalian! Berikut adalah Software-Software 3D yang biasa dipakai oleh para Game Artist yang bisa kalian coba!

1. Maya
Logo Maya

Maya merupakan Software 3D yang mumpuni di kalangan Game Artist. Software besutan Autodesk ini dapat digunakan untuk membuat film animasi 3D, mendesain aset untuk game, membuat Digital Art, sampai Visual Effect. Sayangnya Maya tidak bersifat gratis alias harus bayar untuk mendapatkan seluruh aksesnya. Tapi tenang saja, ada beberapa jenis lisensi yang dapat kalian pilih seperti Commercial dan Student. Kalau kalian masih ragu, Maya menyediakan versi demo untuk kalian jajal dulu.

2. 3ds Max
Logo 3ds Max

3ds Max dan Maya sama-sama bagian dari Autodesk. Bedanya, Maya berisi lebih banyak efek dan Tool animasi yang lebih advanced. Namun, 3ds menawarkan versi yang lebih mudah dipelajari daripada Maya. Dalam dua bulan, kalian akan dapat menguasainya dan membuat banyak aset game milik kalian sendiri. Selain itu, format .3ds milik 3ds Max merupakan format wajib dalam setiap web yang memperjualbelikan aset-aset 3D karena popularitasnya.

3. Blender
Logo Blander

Software ini gratis dan bisa digunakan oleh siapapun. Tapi jangan salah, meskipun gratis namun Blender adalah salah satu Software 3D paling terkenal di dunia. Sifatnya yang Open Source memudahkan kamu untuk belajar dari para ahli dengan meng-import hasil kerja mereka dan mempelajarinya. Belakangan, Blender versi 2.8 merupakan versi terbaru dari Blender yang dapat membuat pengguna Maya dan 3ds Max sekalipun tercengang!

4. ZBrush
Logo ZBrush

ZBrush sering digunakan membuat model karakter karena kemampuan Sclupting nya yang mumpuni. Fitur spesialnya adalah kemampuan ZBrush dalam membuat sebuah model yang sangat realistis dan terasa sangat nyata, jauh mengungguli Software 3D lain dalam mode Sclupting. ZBrush merupakan salah satu Software yang wajib dikuasai jika kalian berminat mendalami spesialisasi membuat model karakter 3D dalam game, maupun untuk keperluan lainnya.

Menjadi 3D Game Artist membutuhkan ketekunan dan perjuangan ekstra. Saat ini, banyak Developer lokal bermimpi untuk membuat Game sekelas Player Unknwon Battleground atau bahkan The Witcher yang jelas membutuhkan seorang 3D Artist Handal sebagai bagian dari timnya. Begitu kalian mengetahui senjata-senjata andalan para 3D Game Artist, apakah kalian tertarik untuk menjadi salah satunya?

Posting Komentar

0 Komentar