Ticker

6/recent/ticker-posts

Serunya Merayakan 1 Muharram Disini!!!

 


JagadMedia - Tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah jatuh pada Kamis 20 Agustus 2020.  Tahun yang sangat di nanti - nanti oleh umat muslim di seluruh dunia begitupun di ndonesia. Banyak masyarakat yang sangat antusias dalam menyambut tahun baru Islam ini, tetapi dikarenakan adanya pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) beberapa wilayah Indonesia yang terkena dampak pandemi Covid-19 ini tidak dapat merayakan hari besar islam tersebut.

Banyak wilayah di Indonesia yang termasuk kedalam zona hjau alias wilayah bebas Covid-19 seperti di Madina (Mandailing Natal) provinsi Sumatera Utara ini. Simak yuk kegiatan apa saja yang dilakukan di daerah tersebut?.

1. Pawai Obor

Masyarakat bahkan anak - anak disana sangat antusias menanti datangnya tengah malam yang nantinya mereka akan beramai ramai menyalakan obor api dan berkeliling kota sambil mengucapkan takbir, sholawat hingga doa. Pawai obor ini tidak hanya dilakukan di satu kecamatan tetapi hampir semua kecamatan yang ada di Madina melakukan tradisi pawa obor ini. 

2. Memainkan Alat Musik Tradisional 

76+ Gambar Alat Musik Mandailing HD - Gambar Pixabay 

Masyarakat Madina juga biasanya merayakan hari - hari besar dengan memankan alat musik tradisional yang disebut Gordang Sambilan, alat musik ini terdiri dari sembilan gendang yang di mainkan oleh 5 orang atau jumlah orang dalam bilangan ganjil. Biasanya jika ada pawai mereka akan memainkannya di atas truk.

3. Menyusuri Kota Hingga Menjelang Subuh


Masyarakat Madina akan berjalan menyusuri kota sambil membawa obor, bersolawat, meneriakkan takbir dengan lantang hingga menjelang waktu subuh.


begitulah keseruan perayaan 1 Muharram di Mandailing Natal (Madina) yang memliki slogan "Negeri Beradat taat Beribadat". Semoga ditahun baru hjiriah ini kita semua diberikan kemudahan dalam segala urusan, dan menjadi insan yang lebih bak daripada tahun yang sebelumnya, Amin. 


Posting Komentar

0 Komentar