Ticker

6/recent/ticker-posts

Oh Gitu! Ternyata Begini Cara Kerja Rating Film Diperoleh

Popcorn Movie

Hallo Jagad Readers! Bagi pecinta film pasti udah gak asing lagi nih ketika kalian ingin nonton sebuah film, kalian akan cari tahu dulu apa film itu worth it buat ditonton atau nggak. Nah biasanya disaat seperti ini, kita biasa lihat rating film-nya apakah banyak yang suka atau malah sebaliknya, baru deh ditonton. Tapi kalian tahu nggak, sebenernya darimana sih rating film itu diperoleh? Nah kali ini kita bakalan bahas cara kerja rating pada film. Cek this out!

Alright, sebenernya banyak situs yang menyediakan rating film sebagai rekomendasi pada pecinta film di seluruh dunia seperti yang paling populer yaitu IMDb, Rotten Tomatoes, Metacritic, dan Fandango. Namun kali ini kita akan bahas secara ringkas bagaimana situs tersebut dapat menyajikan rating untuk film-film yang ada di dunia. Situs-situs tersebut menyediakan berbagai info mengenai film-film seperti sinopsis, foto, trailer, trivia, daftar pemeran dan banyak lagi. Pengunjung situs tersebut biasanya pengguna biasa maupun kritikus film. Pengunjung dapat membuat akun dan menggunakan layanan situs dan tentunya memberikan ulasan terhadap film yang ditontonnya. 

Jadi Bagaimana Ratingnya Diperoleh?

Nah ini nih, setiap situs memiliki cara rating tersendiri. Sebagai contoh kita akan bahas bagaimana cara situs IMDb dan Rotten Tomatoes dalam memperoleh skor rating. Pada situs IMDb, rating diperoleh dari pengunjung yang telah terdaftar di situs dan memberikan ulasan pada film yang dia tonton. Pengunjung akan diberikan kesempatan memberi rating dari 0-10 pada setiap judul yang dirilis pada database. Selanjutnya rating tersebut akan mempengaruhi nilai sebuah film. IMDb menggunakan sitem weighted average (pembobotan) untuk memberikan skor terhadap film tersebut. Sistem itu juga digunakan untuk mencegah pengguna mencurangi skor. 

     

Sedikit berbeda dengan IMDb, Rotten Tomatoes lebih banyak mengumpulkan review dan ulasan dari berbagai kritikus. Rotten Tomatoes memasukkan ulasan dari kritikus yang telah memenuhi kriteria atau disebut sebagai "Approved Tomatometer Critics" ditandai dengan ikon tomat dan penonton biasa ditandai dengan ikon popcorn. Kritikus dapat memberi ulasan mereka sebagai "Fresh" atau "Rotten" pada sebuah film. Ketika ulasan telah diberikan, situs tersebuat akan menghitung skor dalam bentuk presentase dan memberikan peringkat "Fresh" atau "Rotten" secara keseluruhan untuk film itu.

Begitu Jagad Readers! Rating bisa diperoleh bukan secara tiba-tiba yaa, pastinya ada yang ngitungin kok itu. Jadi gimana menurut kalian lebih senang cari tahu rating fim-nya dulu atau langsung tonton aja? Share pendapat kalian di kolom komentar yaa!


Semoga harimu menyenangkan! :D

Sumber :

hot.detik.com & quora.com

Posting Komentar

0 Komentar