Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini dia!! Fakta menarik festival pacu jawi dari Sumatera Barat

 


hallo jagadians!! Bagaimana kabar kalian? Semoga baik baik saja, kali ini kita akan membahas seputar event atau festival menarik dari daerah sumatera bagian barat yaitu PACU JAWI. apa itu pacu jawi? pacu jawi ini adalah Bahasa minang dari balapan sapi. Ini merupakan sebuah tradisi yang telah dilakukan oleh masyarakat minang.

Pacu jawi adalah olahraga tradisional yang balapannya menggunakan sapi (jawi) sama hal seperti balapan kuda, pacu jawi ini diadakan di tempat yang terbuka yaitu di pesawahan yang luas. Jarak yang ditempuh pada pacu jawi ini sekitar 60-250 meter.

Pacu jawi ini menggunakan 2 ekor jawi dan satu orang joki yang berdiri di belakang jawi tersebut. Tempat diadakannya pacu jawi ini di sawah yang berlumpur, daerah yang menyelenggarakan pacu jawi ini bertempat di kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Yang membedakan pacu jawi ini dengan karapan sapi di madura adalah karapan sapi madura mengadakannya di tanah yang kering sedangkan pacu jawi di tanah yang berlumpur.

Pacu jawi ini diadakan setiap 3 kali dalam setahun, setelah panen di 4 kecamatan yang berada di tanah datar. Acara pacu jawi ini merupakan hal yang paling ditunggu tunggu bagi para fotografer professional, karena para fotografer ini berburu foto yang menarik untuk diabadikan.

Hal menarik dari pacu jawi ini adalah seorang joki selalu menggigit ekor dari jawi ini, dengan alasan agar jawi yang sedang berlari bisa menambah kecepatannya, semakin keras gigitan joki terhadap jawi maka akan semakin bertambah laju dari sapi.

Di acara pacu jawi ini tidak hanya menyajikan perlombaan pacu jawi saja, disana juga terdapat festival kuliner yang dilakukan oleh masyarakat minang. Di festival tersebut banyak makanan khas minang yang jarang anda temukan di pasar tradisional minang.

Bagi anda yang hobi wisata kuliner khas minang, anda bisa datang saat perlombaan pacu jawi berlangsung, anda bisa mengeksplor makanan yang belum anda temui di pasar tradisional. Sembari anda melihat perlombaan pacu jawi anda juga bisa menikmati makanan daerah khas Minangkabau.

 

Bagaimana menurut anda? Tertarik? Silahkan kunjungi daerah tersebut, berikan komentermu dibawah bagi yang sudah menyaksikan.



Posting Komentar

0 Komentar