Ticker

6/recent/ticker-posts

Game RTS Yang Kekinian? Iron Harvest : 1920+ Jawabannya!

JagadMedia – Hei kamu gamers yang masa kecilnya main Age of Empire atau Command and Conquer. Kini hadir game yang akan mengembalikan kenangan masa kecil kamu nih, judulnya adalah Iron Harvest : 1920+. Yang sekiranya menurut kamu gak ada game RTS yang seru kayak jaman dulu, ini dia jawabanya. Pokoknya sangat bagus deh! Penasaran? Yuk! Kita simak keseruan game RTS yang satu ini. 

Iron Harvest : 1920+ merupakan penghidupan genre RTS klasik yang pernah kita mainin jaman dulu, cuma ada perubahan modern gitu.  Seolah-olah, sang developer, KING Art games flashback ke tahun 2000-an di masa jayanya RTS dan berpikir “boleh juga tuh!” Game ini release pada tanggal 1 September lalu


Iron Harvest : 1920+  berlatarkan nuansa perang dunia pada dimensi alternasi. Game ini punya gameplay campaign yang epic banget. Bercerita di tahun 1920-an dimana teknologi mesin, berubah pesat dengan pengembangan robot-diesel yang ditujukan untuk perang. Karena digunakannya robot tersebut, perang dunia 1 semakin pecah di daratan Eropa.


Terdapat 3 faksi yang menjadi sorotan utama disini, yakni Polania, Saxony, dan Rusviet. Biar gampang kenalnya, Polania itu Polandia, Saxony adalah Jerman, dan Rusviet adalah Russia. Setiap fraksi memiliki hero, robot, dan story yang berbeda dengan jumlah waktu 30 jam lebih. Nah, mirip-mirip sama Warcraft 3 dimana setiap karakter memiliki pendekatan cerita yang berbeda pula. Story telling yang diberikan game ini sangat menyentuh, tapi tenang aja karena saya gak bakal spoiler disini hehe.

Setiap fraksi tentu memiliki kemampuan yang berbeda, dan kamu harus beradaptasi dengan gaya bermain tiap fraksi yang kamu pilih. Sebagai contoh, setiap fraksi memiliki teknologi robot yang berbeda, sehingga pendekatan kamu menyelesaikan misi harus betul-betul strategis.

Omong-omong strategis, sesuai yang saya bilang sebelumnya, ada perubahan modern pada game ini dibandingkan RTS classic pada umumnya. Pendekatan game ini lebih ke taktik, jadi base building-nya sedikit. Resource yang digunakan cuma iron dan oil. Langkah awal dalam bermain game ini yaitu mendapata resource terlebih dahulu, dari infrastruktur yang didapat dan di-upgrade

Pada saat berperang, combat system-nya juga tidak berpengaruh pada environment, seperti mencari posisi unggul kamu. Jadi, sistem pertarungan pun hanya ditentukan kemampuan tiap fraksi saja. Sehingga, meski kamu menyerang duluan pun, belum tentu kamu menang karena musuh memiliki pertahanan yang berbeda dengan kamu. 

Kesimpulan

Iron Harvest : 1920+ sungguh sangat menjanjikan tentang classic RTS-nya. Meski tidak seperti game RTS yang memiliki strategi yang kompleks, misi dan story yang diberikan sangat ditonjolkan. Nuansa perangnya sangat dramatis dan tragis. Meski terdapat sedikit fitur yang belum diselesaikan, namun update kedepanya akan diberikan dalam waktu singkat.


Jadi gimana pendapat kamu? tuliskan pendapat pribadi kamu di kolom komentar, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. terima kasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya!



Writer

Aldia Deponsa Judistira




Posting Komentar

0 Komentar