Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! 4 Text Editor Populer yang Bisa Kamu Coba!

 



Apa Itu Text Editor?

Text editor merupakan sebuah aplikasi yang biasa dipakai oleh programmer untuk menyusun barisan kode program sehingga menjadi sebuah aplikasi atau prograrm yang diinginkan. Kamu yang menggunakan Windows, pasti pernah menggunakan Notepad. Aplikasi tersebut juga merupakan salah satu dari banyak text editor yang ada saat ini.

Text Editor merupakan bagian yang sangat penting bagi seorang programmer. Bisa dibilang, text editor merupakan senjata utama mereka untuk membangun sebuah program ataupun aplikasi. Apalagi coding merupakan bagian yang sangat lekat dengan mereka.

Ada banyak pilihan text editor yang bisa kamu gunakan. Mulai dari text editor yang memilki fitur-fitur sederhana, hingga yang memilki fitur yang sangat lengkap dengan berbagai plug-in yang disediakan oleh text editor tersebut. Namun, kamu tidak bisa memilih text editor hanya dari banyaknya fitur yang ditawarkan.

Ada tiga faktor yang harus kamu pertimbangkan ketika ingin memilih text editor yang ingin kamu gunakan seperti kebutuhan fitur, spesifikasi komputer yang dibutuhkan, serta bahasa pemrograman yang dipakai. Salah satunya, jika kamu menggunakan bahasa pemrograman pyhton, maka akan lebih kompetibel jika kamu menggunakan Visual Studio Code. Namun, itu semua kembali lagi apakah kamu nyaman menggunakan text editor tersebut atau tidak.

Berikut rekomendasi 4 text editor yang bisa kamu gunakan untuk membangun deretan kode yang ingin kamu buat. 


1. Notepad++

Kamu tahu Notepad? Text editor yang tersedia di Windows ini sering digunakan untuk membuat file txt atau membuat catatan-catatan ringan. Sedangkan Notepad ++ merupakan Notepad yang lebih dikembangkan lagi. 

Di Notepad ++ ini tersedia berbagai fitur yang lebih canggih dan modern dari Notepad biasa. Jika Notepad hanya menampilkan menu yang simple dengan latar berwarna putih, maka di Notepad ++ kamu akan melihat banyak icon dan menu yang disediakan.

Aplikasi ini bisa melakukan banyak hal, seperti bisa membaca berbagai bahasa pemrograman. Notepad ++ juga menyediakan berbagai plugin yang juga bisa kamu gunakan. 

Notepad ++ menggunakan fitur jendela tab yang dimana akan sangat berguna ketika kamu membuka beberapa file di waktu yang bersamaan. Aplikasi ini juga terdapat susunan file yang sedang kamu buka, sehingga dapat memberikan informasi letak file di dalam directory-mu.

Fitur lain yang dimilki Notepad ++ yang sangat bermanfaat yaitu, shortcut customization, micro recording, text shortening, macro recording, auto completion, dan masih banyak lagi.


2. Sublime Text

Sublime Text merupakan salah satu text editor yang mendukung berbagai sistem operasi seperti WIndows, Linux, dan MaC OS. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika mengerjakan program-mu di sistem operasi yang berbeda. 

Sublime Text sangat kompatibel dengan sistem operasi Linux, karena performa akan lebih maksimal jika dijalankan di sistem operasi Linux. Keunggulan dari Sublime Text yaitu cepat dan dapat digunakan di tempat yang memilki resource yang sedikit. Aplikasi ini juga dapat memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk menginstall plug in untuk kamu yang membutuhkan resource yang lebih.


3. Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah text editor yang gratis dan sangat powerful. Aplikasi ini tersedia fitur yang dapat melengkapi baris kode yang sudah kamu tulis secara otomatis. Selain itu, juga tersedia fitur yang dapat kamu gunakan yang dapat membuat kamu semakin nyaman menggunakan text editor ini.


Terdapat pula mode zen yang dapat kamu gunakan untuk menyembunyikan menu dan ikon yang mengganggu. Mode ini dapat membuat kamu untuk tetap fokus pada program yang sedang kamu kerjakan. Untuk navigasi, kamu dapat menggunakan berbagai shortcut keyboard yang tersedia di Visual Code.

Visual Code juga terdapat fitur integrasi dengan Git dan fitur debugging yang dapat membantu kamu untuk mengecek kesalahan yang terdapat pada baris kode yang kamu buat.


4. Atom

Atom merupakan text editor open source terbaik saat ini. Atom tersedia untuk MacOS, Windows, dan Linux. Dari segi tampilannya, Atom tidak kalah elegan dengan text editor Sublime Text dengan tampilannya yang menarik, serta desainnya yang terlihat simpel, Atom juga mendukung berbagai bahasa pemrograman yang dapat kamu gunakan tentunya. 




Jika kamu ingin menambahkan fitur yang kamu butuhkan, kamu dapat menambahkannya melalui plug-in yang disediakan. Fitur-fitur utama yang tersedia di Atom ini adalah teknologi web based, fuzzy finder, file system browser, fast project wide, textmate grammars, dan masih banyak keunggulan lain dari text editor ini.

Itu dia 4 text editor populer yang bisa kamu gunakan untuk membangun program yang kamu inginkan. Apakah kalian tertarik untuk menggunakan salah satu dari 4 text editor ini? Atau kalian punya text editor pilihan kalian sendiri? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar :)

Posting Komentar

0 Komentar