Ticker

6/recent/ticker-posts

Inilah! Manfaat Membaca Al-Quran



JagadMedia- Assalamualaikum Wr Wb. Nah kali ini mimin akan membahas tentang Al-Qur’an. Al-Quran sendiri adalah kitab suci ummat Muslim yang difirmankan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an terdiri dari 30 Juz, 114 surat dan 6.666 ayat (Syekh Nawawi Al-Bantani : Nihayatuz-Zain fi Irsyadil Mubtadiin). 

Kita sebagai ummat muslim diwajibkan untuk membaca, mengerti dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an. Sebagaimana Allah berfirman :

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepada mu, yaitu alkitab dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu (dapat) mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar dan sesungguhnya mengingat Allah lebih besar dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan (Al-Ankabut : 5). 

Mengapa kita disuruh membaca Al-Qur’an ? Karena banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an pertama yang Wahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril di Gua Hira, Jabal Nur, pada saat Nabi Muhammad SAW bertafakur, dan itu terjadi pada pada tanggal 17 Ramadhan tahun 610 Masehi, saat itu Nabi Muhammad SAW berusia 40 (empat puluh) tahun. Peristiwa pertama kali Al-Qur’an diturunkan inilah yang kita sebut dan sering kita peringati yaitu Nuzulul Qur’an. 

Ayat pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW Iqra yang artinya BACALAH yang terdapat dalam surat A-Alaq. 

Dari pertama kali Al-Qur’an di turunkan adalah perintah Iqra BACALAH. Artinya kita diperintahkan untuk membaca Al-Qur’an. Apa saja manfaat yang akan kita dapatkan dari membaca. Al-Qur’an. Berikut penulis menyajikan apa saja manfaat dari membaca Al-Qur’an.

1. Mendapat Ridha Allah

Dengan membaca Al-Qur’an, Allah SWT akan meridhai setiap nafas dan langkah kita. Bukankah dalam hidup ini apapun gerak langkah dan perbuatan kita selalu mengharapakan Ridha dari Allah SWT.

2. Mendapatkan Pahala Yang Berlipat

Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi siapa saja yang membca Al-Qur’an walaupun hanya satu ayat. Barang siapa yang membaca satu huruf Al-Qur’an, maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu akan berlipat menjadi sepuluh kebaikan (HR : Bukhari) 

3. Tidak Akan Menjadi Orang Yang Sesat



Hidup terarah, melangkah sesuai dengan yang kita inginkan adalah cita cita kita semua. Al-Qur’an menuntun kita untuk tidak tersesat. Dengan membaca Al-Qur’an kita tidak akan tersesat dalam hidup. 
Allah berfirman didalam surat Thaaha ayat 123 : maka jika datang kepadamu petunjuk dari Ku (wahai ummat manusia), lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk Ku, maka dia tidak akan tersesat dan tidak akan celaka.

4. Menambah Daya Ingat



Pada dasarnya daya ingat manusia itu ada batasnya, ada batas jenuh. Namun demikian Allah SWT mengkaruniakan bagi orang-orang yang dikehendakinya mempunyai daya ingat yang kuat. Siapa mereka, salah satunya adalah para Hafidz dan Hafidzah, mereka mampu menghafal Al-Qur’an sampai 30 Juz. Dengan seringnya membaca Al-Qur’an, daya ingat kita akan menjadi kuat, bagi mahasiswa akan mudah dan memahami pelajaran dan ingatan kita tetap terjaga walaupun kita sudah berusia lanjut.

5. Syafaat di Hari Akhir


Dengan membaca Al-Qur’an akan mendapatkan syafaat di hari akhir nanti. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim desbutkan bahwa : Bacalah Al-Qur’an. Sesungguhnya Al-Qur’an pada hari kiamat akan datang dan memberikan syafaat kepada orang-orang yang membacanya.

Nah sekian dulu artikel tentang manfaat al-quran stay tune untuk artikel selanjutnya, Wassalamualaikum.Wr.Wb.

Writer

Johan Arifin


Posting Komentar

0 Komentar