Ticker

6/recent/ticker-posts

Jangan Salah! Inilah Penjelasan Pop Culture dan Jenisnya


JagadMedia - Selama ini, mimin selalu membahas tentang pop culture, sebenarnya, kalian ini tau gak sih apa pop culture itu sendiri?

Pop berasal dari kata populer yang artinya terkenal dan disukai banyak orang, contohnya makanan, grup band, musik, film bahkan hingga sebuah tempat. Secara teori, budaya populer adalah sesuatu yang sedang dinikmati masyarakat karena sifatnya yang ringan, menyenangkan, dan mudah menarik perhatian banyak orang. Semua orang ingin ada didalamnya, nah saat ini pula peran media sangat penting untuk pengembangan hal baru tersebut. 

Budaya dibagi menjadi 2 tipe, yang pertama disebut High Culture, yang kedua adalah low culture.apa sih bedanya?

High atau yang berarti tinggi, sedangkan culture adalah budaya. Jadi High culture adalah budaya yang lahir dari kalangan atas, sehingga budaya tersebut hanya diperuntukan untuk kalangan para raja dan tidak dapat dinikmati secara umum, begitu juga kualitas dan teknis seni tinggi sehingga sulit dicerna oleh kalangan kelas bawah.

Sedangkan low culture adalah kebalikannya, seni ini justru diperuntukkan untuk umum dan mudah dicerna oleh mayarakat kalangan bawah yang sekarang kita sebut sebagai budaya popular atau pop culture

Kopi adalah Salah Satu Pop Culture yang diminati oleh masyarakat muda, terutama kaula muda
Source : idntimes.com

Puluhan tahun lalu, budaya seperti ini mengundang banyak kritik karena prosesnya yang sangat mudah, murah dan cenderung tidak berkualitas juga cenderung seragam. Seperti pada tahun 2017, tahun itu para artis berlomba mengeluarkan kue untuk dijadikan buah tangan setiap kota, pada saat itu, kue mereka sangat laris dipasaran, masyarakat juga rela mengantre dari subuh untuk mendapatkan dan merasakan kue dari artis favorit mereka masing masing. 

Para Artis Membuat Kue dan di jadikan Pop Culture Memasak
Source : tribunnews.com

Tapi hal itu tidak berlangsung lama, karena setelah itu, muncul hal hal yang lebih menarik lagi, dan itu menjadikan si kue tak dikenal lagi dan gulung tikar. Hal ini sama sifatnya untuk lagu, film, dan tempat wisata lainnya. 

Spot yang suka dijadikan Instagram-able menjadi salah satu pop culture saat ini
Source : cncbcindonesia.com

Jadi sekarang, kalian lebih memilih menjadi penikmat atau pelaku? Apapun itu, kita harus tetap bisa selalu memilih hal positif dan kreatif ya sobat Jagad!


Writer

Natasya Putri

Posting Komentar

0 Komentar