Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk Simak Apa Saja Jenis-Jenis Pempek Palembang

JagadMedia – Hallo JagadReader! Kembali lagi bersama admin terkece tersuper terkeren terhits se-JagadMedia. Kali ini admin akan membahas tentang makanan khas Palembang! Diantara kalian pasti ada kan yang berasal dari kota Palembang? Hehe. Sebelumnya kalian pasti udah pada tau kan makanan khas Palembang yang terkenal itu apa. Yuk langsung saja kita bahas Pempek! Scroll ke bawah yaaa!


Pempek adalah makanan khas kota Palembang yang dibuat menggunakan daging ikan giling pilihan, yang biasanya menggunakan daging ikan tenggiri atau ikan gabus bersamaan dengan tepung, telur, bawang putih giling, garam dan penyedap rasa lainnya. Pempek biasanya disajikan bersamaan dengan kuah pedasnya, yaitu Cuko. Cuko merupakan sebuah kuah yang berwarna cokelat kehitaman yang terbuat dari bahan cuka, asam jawa, gula merah, cabai dan garam. Pempek memiliki berbagai macam variant, antara lain :


1. Pempek Adaan

Pempek Adaan atau sering juga disebut Pempek Bulat ini termasuk variant pempek yang paling banyak diminati. Selain bentuknya yang menyerupai bakso ikan, jenis pempek ini memiliki tekstur yang krispi pada bagian luar dan bertekstur kenyal di bagian dalamnya.


2. Pempek Kapal Selam

Eits, jangan karena disebut Pempek Kapal Selam kalian jadi membayangkan bentuk Pempek ini menyerupai kapal selam. Pempek ini memiliki bentuk yang lebih besar dari pempek yang lainnya. Pempek Kapal Selam yang besar ini berisi telur didalamnya.


3. Pempek Lenjer

Pempek Lenjer ini mungkin salah satu pempek yang sering ditemui. Pempek Lenjer ini memiliki bentuk lonjong atau memanjang. Pempek Lenjer biasanya dipotong-potong terlebih dahulu sebelum digoreng ataupun disajikan.


4. Pempek Kulit

Pempek Kulit ini biasanya lebih berwarna ke abu-abuan dan memiliki bentuk yang paling tipis dari variant pempek lainnya. Bahan yang digunakan dalam membuat Pempek Kulit ini sama seperti bahan pempek lainnya, yang membedakan hanyalah tambahan kulit ikan yang dicampur dengan adonan lainnya.


5. Pempek Keriting

Pempek Keriting memiliki bentuk bulat yang terlihat memiliki rongga seperti adonan mie yang ditumpuk menjadi sebuah bola. Jika disuguhkan dengan cara digoreng, pempek ini memiliki tekstur yang sangat krispi.


6. Pempek Lenggang

Pempek ini memiliki bentuk yang paling beda dari jenis-jenis pempek lainnya. Bukan hanya dari segi bentuk, Pempek Lenggang pun memiliki proses pembuatan yang berbeda. Pempek Lenggang dibuat menggunakan Pempek Lenjer yang dipotong kotak-kotak dan dimasukkan kedalam telur yang sudah dikocok dan kemudian digoreng berbentuk persegi. Pempek Lenggang juga biasanya dimasak dengan cara dibakar dengan menggunakan wadah berbentuk kotak dari daun pisang.


7. Pempek Panggang

Sama seperti Pempek Lenggang, Pempek Panggang dimasak dengan cara dibakar. Namun pempek ini memiliki bentuk bulat seperti Pempek Adaan. Yang membedakan dari segi bentuknya adalah, Pempek Panggang dibelah dibagian tengahnya untuk dimasukkan udang kering dan cabai. Pempek Panggang sekilas memiliki bentuk seperti Hamburger Mini.

Nah, gimana JagadReader? Apakah setelah melihat pembahasan ini kalian jadi ngiler atau mungkin jadi ingin mencicipi makanan khas Palembang ini? Haha. Kalau kalian yang tinggal di luar kota Palembang mungkin akan susah untuk menemukan makanan ini. Sekalinya kalian menemukan ada orang yang menjual Pempek diluar Palembang, cita rasanya mungkin sangat berbeda dengan Pempek yang dijual di kota asalnya.


Posting Komentar

0 Komentar