Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Kuliner Aceh yang kamu harus cobain, bikin nagih!

 


Hallo JagadReader kali ini kita akan bahas kuliner dari Aceh, siapa yang tidak kenal kota Aceh dengan banyak keunikan kota ini. Kota ini juga mempunyai kuliner yang harus kamu cobain bila berkunjung ke kota ini. Yuk simak!

1. Mie Jalak Sabang
Makanan ini mudah ditemukan diwarung makanan yang menjual mie dan sejenisnya. Tepatnya di Toko Pulau Baru, Jalan Perdagangan, Kota Subang. Sebenarnya jika dilihat dari penyajian dari mie jalak sabang terbilang sajian yang simple. Sajian yang hanya berupa mie yang direbus dengan toge dan daging ikan yang sudah dipotong kecil-kecil serta kuah bening dan ditaburi bawang daun. Bahan dasar yang digunakan dalam makanan ini adalah mie instan, telur ayam, potongan daging ikan, bawang daun, garam, dan cabai.


2. Mie Aceh
Makanan ini adalah makanan yang pedas dengan potongan daging sapi, daging kambing, dan udang atau cumi. Cita rasa mie aceh sendiri memiliki khas berbeda dengan olahan masakan mie yang ada di Indonesia. Dalam penyajian makanan ini, disajikan dalam tiga jenis yaitu mie goreng, mie kuah, dan mie basah. Untuk daging yang digunakan tergantung keinginan kita. Sebenarnya dimana mana kita sudah banyak menemui mie aceh, tetapi yang menjadi keunikan mie ini adalah mie pedas yang dicampur dengan daging sapi atau daging kambing. Kuah yang digunakan juga adalah kuah kari yang kental dan gurih. Pada umumnya mie Indonesia itu hanya memakai daging ayam sebagai tambahan dalam penyajiannya. Kuliner ini sangat populer dan rekomendasi jika berkunjung ke kota Aceh.



3. Kuah sie itek
Sie itek ini adalah kuah bebek, bebek dengan paduan kuah kari yang punya citarasa yang lezat. Kuahnya yang kental dengan rempah, pedas gurih semakin enak dimakan. Sie itek juga mempunya aroma gurih yang berasal dari daun temurui atau disebut juga dengan daun kari serta daun pandan yang diikat pada setiap potongan daging bebek yang dimasak.


Cukup sekian kuliner yang kamu harus cobain dan pasti bikin nagih, karena makanan diatas adalah makanan rekomendasi jika berkunjung ke kota Aceh.









Posting Komentar

0 Komentar