Ticker

6/recent/ticker-posts

Keren! Buat Koneksi Internet-mu Jadi Lebih Cepat dengan RDP!

 



Apakah kamu merasa bahwa internet-mu lambat? Dan kamu ingin meningkatkan kecepatan koneksi internet-mu? Ada cara mudah untuk melakukannya, yaitu dengan menggunakan RDP atau Remote Desktop Protocol.

Apa itu Remote Desktop Protocol? Pada artikel ini kami akan menjelaskan apa itu RDP dan bagaimana cara menggunakannya. Selamat membaca!


Apa Itu RDP?

Remote Desktop Protocol atau lebih dikenal dengan sebutan RDP adalah sebuah fitur yang terdapat pada operating system milik Microsoft yaitu Windows. Sistem RDP ini terdapat pada versi Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2003, Windows Server 2008, hingga Windows versi terbaru seperti Windows 10.

Pada dasarnya, RDP merupakan protokol yang biasanya digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya secara remote.Artinya, protokol ini dapat memungkinkan kamu untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh. Contohnya, kamu sedang membuka komputer yang berada di Jakarta, kemudian kamu menggunakan Remote Desktop Connection untuk mengakses server RDP yang berada di Singapura. Saat kamu sudah terhubung, kamu bisa menggunakannya RDP tersebut untuk transfer data ataupun kegiatan lainnya selama 24 jam non-stop.

RDP juga bisa disebut sebagai sebuah komputer yang memiliki performa tinggi. Hal ini dapat dilihat dari kemudahan dalam mengakses internet yang ditawarkan. 

Apabila kamu adalah orang yang membutuhkan komputer yang harus terus terjaga selama 24 jam terkoneksi atau terkoneksi dengan internet yang cepat, maka kamu tak perlu khawatir jika terjadi mati listrik atau pemadaman listirk. Karena dengan menggunakan RDP, kamu akan tetap terkoneksi dengan internet mesikpun tidak ada listrik.


Fungsi RDP

Ada beberapa fungsi RDP yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • RDP dapat digunakan untuk kamu yang membutuhkan kecepatan internet yang tinggi. Kecepatan minimal yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan RDP ini adalah dikisaran 100Mbps sampai 1Gbps maksimal.
  • RDP dapat kamu gunakan untuk mendownload file yang berukuran besar karena memilki kecepatan yang tinggi.
  • Kamu bisa menjalankan BOT untuk keperluan websitee-mu dengan menggunakan RDP tanpa membebani server yang kamu miliki. 

Manfaat RDP

Dengan menggunakan RDP, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dan keuntungan yang sangat banyak. Kamu tidak perlu mengorbankan resource yang ada pada komputer-mu dan kamu cukup hanya perlu terhubung ke koneksi internet. Nah, beberapa manfaat jika kamu menggunakan RDP adalah: 

  1. Koneksi internet yang cepat dan lebih stabil
  2. Bisa diaksesk kapan saja dan dimana saja, kamu bisa mengakses RDP melalui PC, Laptop, ataupun Smartphone.
  3. Dapat menyederhanakan eksekusi pada sebuah aplikasi seperti BOT
  4. Kecepatan Download dan Upload data yang lebih cepat.
  5. Aktif 24 jam non-stop meskipun tidak ada aliran listrik.
  6. Spesifikasi yang bisa di custom

Cara Menggunakan RDP

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa fitur Remote Desktop sudah tersedia pada sistem operasi Windows. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengikut langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka menu search yang terdapa pada pojok kiri bawah Windows, lalu ketikan "Remote Desktop Connection".



  2. Jika sudah muncul, pilih aplikasi Remote Desktop Connection
  3. Jika sudah terbuka, maka akan muncuk tampilan seperti di bawah ini. 






  4. Setelah itu, kamu bisa masukkan akun RDP-mu di bagian Computer dan Username. Kamu bisa mendapatkan akun RDP dengan berlangganan.
  5. Setelah prosesnya sudah selesai, kamu bisa klik Connect untuk melanjutkan.
  6. Tunggu prosesnya hingga selesai sampai kamu terkoneksi dengan komputer yang sudah kamu sewa.

Itu dia penjelasan mengenai Remote Desktop Protocol. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan RDP ini? Silahkan tulis di kolom komentar yaa....
       

Posting Komentar

1 Komentar