Ticker

6/recent/ticker-posts

Sejarah dan fakta - fakta Masjid Agung Demak

 


Sumber : tribunmanadotravel.tribunnews.com


Hay Sobat Pintar - Gimana kabar kalian di hari juma'at yang berkah ini ? semoga semuanya dalam keadaan sehat ya :D agar bisa baca baca artikel terbaru dari Jagad Media.

Kali ini mas Hen akan membahas sejarah dan fakta fakta menarik dari salah satu masjid tertua di indonesia yaitu Masjid Agung Demak.


Sumber : www.popbela.com

Masjid Agung Demak didirikan oleh Raden Patah dari kerajaan Demak yang dalam pembuatannya dibantu para Walisongo pada abad ke - 15 Masehi.

Pada awal pembangunnaya masjid yang terletak di alun - alun dan pusat keramaian Demak ini dibangun menggunakan kayu jati yang di topang empat buah tiang kayu raksasa (saka guru).

Keempat saka dibuat oleh Walisongo. Saka sebelah Timur Laut didirikan oleh Sunan Kalijaga, sebelah Tenggara di buat oleh Sunan Ampel, sebelah Barat Daya dibuat oleh Sunan Gunung Jati, sedengkan sebelah Barat Laut dibuat oleh Sunan Bonang. Pada serambi depan masjid terdapat delapan buah tiang  yang merupakan bangunan tambahan dari jaman Adipati Yunus (Pati Unus).

Masjid Agung Demak mempunyai atap limas bersusun tiga yang berbentuk segitiga sama kaki, atap masjid berbentuk limas tersebut memiliki makna yaitu bahwa seorang beriman perlu menapaki tiga tingkatan penting dalam keberagamaanya, yaitu : Iman, Islam dan Ihsan.


Sumber : www..brobali.com

Masjid Agung Demak juga memiliki beberapa fakta menarik loh, yaitu :

- Makam di Masjid Agung Demak 
    
    Masjid Agung Demak berada satu lokasi dengan kompleks makam kesultanan Demak. Oleh karna itu     tidak jarang pengunjung yang datang ke Masjid Agung Demak juga berziarah ke makam para raja        Demak. Di sana terdapat makam Raden Patah (Raja pertama Demak), Syekh Maulana Maghribi,            Makam Pati Unus (Raja Demak Kedua), Makam Sultan Trenggono (Raja Demak Ketiga), dan masih     banyak lagi.

- Situs kolam wudhu di Masjid Agung Demak

    Salah satu spot menarik yang bisa di kunjungi ialah situs kolam wudhu. Kolam yang memiliki                ukuran 10 x 25 meter ini mempunyai tiga batu dengan ukuran berbeda. Batu berwarna hitam yang         lebih besar berdiri tegak , sementara dua batu hitam tergeletak bersamaan dengan batu hias lainnya        yang ukurannya lebih kecil.

- Iktikaf di Masjid Agung Demak

    Saat bulan suci ramadhan Masjid Agung Demak selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah .         Hal tersebut dapat di lihat dari banyaknya pengunjung yang melakukan iktikaf di pelataran Masjid         Agung Demak, seusai Maghrib Hingga Subuh.

Nah itu tadi pembahasan tentang sejarah dan fakta-fakta menarik dari Masjid Agung Demak, Bagaimana ingin berkunjung ?

Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga informasi yang mas Hen berikan bisa bermanfaat untuk semuanya. Dan jangan lupa untuk membaca artikel artikel informatif dan menarik lainya dari jagad media.

Posting Komentar

0 Komentar