Ticker

6/recent/ticker-posts

Waktu Tidur yang Dilarang Rasulullah SAW !!

 Royalty-free HD sleeping photos | Pikrepo


JagadCreative - Halo sahabat Jagad siapa disini yang suka banget tidur? Tidur merupakan suatu aktivitas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, gunanya untuk mengembalikan stamina dalam tubuh setelah beraktivitas seharian sehingga kembali semangat dan menjadikan fikiran lebih fresh. Rasulullah SAW bahkan menganjurkan kita untuk tidur lebih awal karena tubuh membutuhkan istirahat. Tapi tahukah teman - teman ternyata ada waktu - waktu dimana sebaiknya dihindari untuk tidur? Kapan sajakah itu? Simak dibawah ini.


1. Tidur di waktu pagi setelah sholat subuh (Hailulah)

Waktu pagi merupakan waktu yang sangat penuh keberkahan sehingga banyak orang beramai - ramai berpergian untuk beraktivitas dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Tidur pada waktu ini dapat menghambat rezeki kita sehingga Rasulullah melarang kita untuk tidur pada waktu tersebut.
Rasulullah bersabda " Apabila engkau telah selesai sholat subuh janganlah kamu tidur tanpa mencari rezeki" (HR. Thabrani) 

Secara medis tidur dipagi hari dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti pusing kepala, badan lesu, obesitas, depresi, diabetes, masalah jantung, dan lain sebagainya.

2. Tidur setelah sholat Ashar

Tidur di sore hari tepatnya saat ashar menjelang magrib biasanya akan membuat badan kita merasa sakit, kepala pusing, tidur di sore hari akan membuat pikiran terganggu sehingga ketika bangun akan terlihat seperti orang linglung. Tidur pada waktu ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya juga seperti sesak nafas, gelisah, hingga murung sehingga berakibat buruk.

3.Tidur sebelum sholat Isya

Rasulullah SAW sangat membenci tidur sebelum sholat Isya seperti yang diriwayatkan oleh Abu Barzah r.a. Kebanyakan hadist - hadist Nabi memaparkan bahwa tidur sebelum shlat isya adalah makruh hukumnya. Sehingga Tirmidzi mengatakan : "Mayoritas ahli ilmu mengatakan makhruh hukumnya tidur sebelum shalat Isya dan mengobrol setelahnya. Larangan ini tidak lain untuk menghindari terlewatkannya shalat Isya.

4. Tidur setelah makan

Tidur setelah makan dapat membahayakan kesehatan tubuh khususnya sistem pencernaan, jika anda tidur setelah makan makan proses pencernaan anda tidak akan berjalan dengan lancar sehingga mengakibatkan masalah pada sistem pencernaan kita. Jika selesai makan duduk santailah terlebih dulu kurang lebih 10-15 menit

5. Tidur sepanjang hari

Tidur sepanjang hari maksudnya adalah rebahan secara terus menerus tanpa mengingat waktu. Kebanyakan tidur dalam Islam hukumnya adalah makruh karena kebanyakan tidur dapat menimbulkan penyakit malas, gangguan kesehatan bahkan mematikan hati.

Nah itu dia beberapa waktu tidur yang dilarang oleh Rasulullah SAW. Buat temen - temen Jagad Media yang hobinya rebahan yuk berusaha untuk mengisi waktu luang dengan hal - hal yang positif. Salam Jagaders!!

Posting Komentar

0 Komentar