Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! 4 Bahasa Pemrograman untuk Mobile App Development!

 



Tak dapat dipungkiri bahwa Android dan IOS merupakan sistem operasi paling populer diperangkat mobile saat ini. Bahkan baru-baru ini, Google mengumumkan bahwa pengguna Android mencapai 2 Milyar pengguna aktif setiap bulan. Dengan popularitas seperti itu, menunjukan bahwa permintaan aplikasi mobile sangatlah tinggi. Banyak perusahaan yang mencoba mencari cara untuk menjangkau pelanggan mereka yang memilki seluler pintar atau smartphone dengan menggunakan aplikasi. 

Jika kamu ingin dan berminat untuk menjadi seorang App Developer, maka kamu harus mengetahui bahasa pemrograman apa yang dapat digunakan. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi mobile, namun pada artikel kali ini kami akan menjelaskan 4 bahasa pemrograman yang sering digunakan para App Developer. Berikut 4 bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile.


Java



Bahasa pertama adalah Java. Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer menurut TIOBE INDEX pada tahun 2017 dan dipakai oleh App Development populer yaitu Android Studio. Selain itu, bahasa pemrograman Java dapat digunakan untuk membangun aplikasi desktop. Jika kamu ingin membuat aplikasi Android, maka Java adalah pilihan terbaik untukmu. Java juga memilki komunitas yang sangatlah besar di Indonesia bahkan di dunia. 


Swift



Jika Java adalah bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi Android, maka bahasa pemrograman Swift digunakan untuk membangun aplikasi IOS. Bahasa Swift adalah bahasa pemrograman besutan Apple yang dirilis pada tahun 2014. Bahasa Swift sangat populer bagi para developer IOS. 

Apple menambahkan beberapa fitur keren ke bahasa swift ini seperti syntax yang lebih sederhana, memberitahu programmer letak error yang terjadi, dll. Bahasa Swift tidak hanya dipakai untuk mengembangkan aplikasi IOS, namun juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Mac juga.


Kotlin



Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh JetBrains, perusahaan yang telah mengembangkan banyak IDE seperti Intellij, IDEA, PyCharm, PhpStorm, dll. Kotlin dikembangkan untuk melengkapi berbagai kekurangan yang ada pada Java. Tidak heran, bahasa ini sangat populer bagi para App Developer terutama bagi para pengguna Android Studio.


C++



Pasti kalian familiar dengan bahasa ini. Ya, C++ adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup yang merupakan penyempurnaan dari bahasa C yang dimana C++ memiliki fitur yang lebih banyak dibanding bahasa C. Jika bahasa sebelumnya tidak bisa digunakan untuk cross platform, maka C++ dapat digunakan untuk membangun aplikasi berbasis Android dan juga aplikasi berbasis IOS dengan bantuan dari Objective-C. Bahasa ini juga cocok untuk kamu yang ingin belajar pemrograman dasar.

Itu dia 4 bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Bagaimana menurutmu mengenai 4 bahasa pemrograman diatas? Atau kamu punya bahasa pemrograman yang lain? Kamu bisa tulis pendapatmu di kolom komentar dibawah yaa....

Posting Komentar

0 Komentar