Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Hal Yang Bisa Kamu Contoh Dari Sosok Gunpei Yokoi


    Source: FactRepublic.com

Siapa yang tidak mengenal Gunpei Yokoi? Sosok fenomenal dibalik kesuksesan Nintendo dan game Mario Bross ini wajib untuk kamu ketahui kisah hidupnya. Lahir di Kyoto, 10 September 1941, Gunpei Yokoi gemar mengisi waktu luangnya dengan mengutak-atik mesin. Yokoi merupakan lulusan dari Universitas Doshisha. Ia berkontribusi besar bagi kemajuan Nintendo. Ialah yang menciptakan konsol permainan video Game Boy. Tahukah kalian bahwa ia memulai kariernya sebagai Office Boy (OB)? Pangkat nya terus naik seiring dengan inovasinya pada permainan Donkey Kong dan Mario Bros, hingga beliau dipercaya untuk menduduki kursi Manajer Umum. Bersama Shigeru Miyamoto, mereka menciptakan salah satu game terkenal sepanjang masa, yang pastinya pernah kalian mainkan juga, yaitu Mario Bros. Bahkan orangtua kalian juga pasti pernah mati-matian menyelesaikan level-level yang ada pada Mario Bros di Game Boy mereka. Nah, selain itu, Yokoi juga mencetuskan ide untuk multiplayer gaming. Banyak sekali kontribusi Yokoi selama 20 tahun bekerja di Nintendo. Pemikiran jeniusnya lah yang menjadi cikal bakal dari industri video game modern yang sampai sekarang masih berkembang dan sering kita jumpai.

    Tidak afdol rasanya menghormati karya-karya beliau tanpa mengambil poin-poin penting darinya yang dapat kita terapkan pada hidup kita. Ada 3 hal yang sangat mencolok dari kesuksesan Yokoi, yaitu:

1. Inovatif

Dalam memecahkan masalah, tidak hanya kreatifitas dan sikap yang tangguh saja yang harus kita keluarkan. Inovasi juga penting, agar tidak terulang lagi masalah yang sama dan siap untuk menghadapi tantangan kedepan yang jauh lebih menantang. Setelah kegagalan ‘Virtual Boy’, Yokoi mencari terobosan lain agar karya Nintendo bisa dinikmati dan diapresiasi oleh masyarakat luas. Melewati berbagai proses dan jatuh-bangun mencari ide, lahirlah Game Boy. Untuk memiliki inovasi-inovasi yang gila, kamu tidak perlu memiliki pendidikan tinggi, tapi belajarlah dari banyak hal. Tidak hanya terpaut pada bidang yang kamu geluti saat kuliah maupun kerja. Berkat inovasi nya, Nintendo kemudian berada di puncak kejayaannya dalam waktu lama (bahkan hingga sekarang). Inovasi yang dibuat tidak hanya untuk kesuksesan pada satu masa saja, tetapi sepanjang masa. 


2. Tidak Mudah Menyerah

Di awal kariernya, Yokoi bekerja sebagai Office Boy di Nintendo. Yokoi mengisi waktu luangnya dengan mengutak-atik mesin. Inilah awal mula dari berkembangnya karier Yokoi. Di ambang keterpurukan Nintendo, Yokoi mencari cara untuk membantu perusahaan yang berkutat di produksi kartu game. Nintendo juga mencoba peruntungan di bidang lain. Yokoi merupakan seorang lulusan elektronik, dimana ia memiliki dasar pemahaman mengenai mesin. Kecintaannya terhadap bidang yang ia tekuni membawanya pada kesuksesan karier yang tidak pernah ia duga sebelumnya. Dapat kita pahami bahwa proses untuk mencapai ke puncak tidaklah cepat dan mudah. Prosesnya membutuhkan waktu yang panjang, lama dan terperinci, agar kita bisa belajar dari kesalahan maupun kegagalan dalam berkembang. Menyerah bukanlah sebuah jawaban, melainkan hanya beban untuk masa kedepannya. Jangan sampai kita menyesal karena pernah menyerah ditengah jalan. Contohlah Yokoi, membutuhkan waktu lebih dari 20 tahun untuk bisa sukses dan menaiki puncak kariernya. Yokoi kemudian mengundurkan diri dari Nintendo dan membangun perusahaannya sendiri bernama Koto. Hal ini ia lakukan agar bisa lebih bebas dalam mengekspresikan ide-idenya. 


3. Eksplorasi

Seperti yang sudah dibahas pada poin inovatif dan tidak mudah menyerah, eksplorasi juga sama pentingnya dalam peran kesuksesan hidup Yokoi. Bayangkan saja, dari jabatannya yang hanya seorang OB, ia mampu menduduki kursi Manajer Umum Nintendo. Berlatarbelakang lulusan universitas, Yokoi mampu membuat kagum bosnya pada saat itu, Hiroshi Yamauchi. Kantornya dipenuhi dengan eksperimen hebat Yokoi diwaktu senggangnya. Hal inilah yang membuat Yamauchi yakin untuk memberikan amanah yang lebih besar kepada Yokoi. Yamauchi yakin, jika Yokoi mendapatkan pekerjaan utama, akan banyak ide yang lebih gila lagi yang bisa diciptakan oleh Yokoi. Produk pertamanya yang berhasil menaikkan nama Nintendo ialah Ultra Hand, sebuah mainan yang memungkinkan penggunanya mengambil benda yang jauh seolah-olah memiliki tangan yang panjang. Inilah titik dimana Yokoi tidak berhenti bereksplorasi begitu saja dan terus melakukan terobosan-terobosan baru lainnya yang menjadi produk unggulan Nintendo. Meskipun menemukan beberapa kegagalan, Yokoi terus bereksplorasi dengan ditambah kejeniusannya di bidang mesin. Hal ini membuktikan bahwa menjadi pintar saja tidak cukup. Kamu harus terus mengembangkan skill mu dan mencari kelebihan di bidang lain.


Dari pemaparan diatas, dapat kita pahami dan pelajari bagaimana pentingnya memiliki 3 hal diatas dalam pengembangan diri. Inovatif, tidak mudah menyerah, dan selalu eksplor skill-skill lainnya merupakan paket komplit dari kesuksesan seseorang. Tidak terkecuali Yokoi, ia memulai semuanya dari nol. Dari hanya seorang OB, menjadi pencipta Game Boy dan game-game hits lainnya. Dari sekedar utak-atik mesin, menjadi sosok dibalik naiknya nama Nintendo ke puncak pasar game. Tidak menampik bahwa kegagalan akan terus membuntuti dari belakang. Namun kegagalan adalah salah satu guru terbaik di hidup kita. Ia mengajarkan lebih banyak arti hidup daripada kesuksesan. Apa hal yang paling kamu sukai dari Yokoi?


Posting Komentar

0 Komentar