Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! 5 Macam Sholat Sunnah Yang Perlu Kita Ketahui

 


Ibadah Sholat itu merupakan kewajiban setiap seorang muslim. Selain sholat fardhu yang harus kita lakukan karena hukumnya wajib, ada sholat sunnah yang mengiringi sholat fardhu. Sholat sunnah yang dilakukan untuk mendapatkan pahala/amalan lebih atau dikerjakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi .

- Sholat Tahajud

Sholat sunnah Tahajud ini merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki manfaat/pahala yang sangat-sangat tinggi. Sholat Tahajud dilaksanakan pada saat malam hari atau sepertiga malam ketika orang lain sedang dalam keadaan tertidur lelap. Minimal melaksanakan sholat tahajud ini 2 rakaat. Anjuran sholat tahajud ada di dalam Al-Quran surat Al-Isra : 79.

- Sholat Dhuha

Sholat Dhuha dilaksanakan pada waktu pagi hari, jenjang waktu yang tepat untuk melaksanakan pada waktu matahari mulai terbit hingga mendekati pukul 12.00 PM.

Shalat Rawatib

Sholat Rawatib merupakan shlat yang dilakukan sebelum dan sesudah melaksanakan sholat fardhu

Shalat Istighoroh

Perasaan bimbang dan bingung atau galau pada setiap mukmin akan selalu diterpanya, sebagai seorang muslim dan muslimah ada cara yang bisa mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Dalam Surat Al-Baqarah : 216 menjelaskan disana bahwa kamu membenci sesuatu padahal itu baik bagimu. Dan apabila kamu menyukai sesuatu padahal itu sangat buruk bagi kamu. Maka ingatlah allah itu maha mengetahui segala-galanya. Jadi allah kasi petunjuk kepada kita dalam sholat Istighoroh.

- Sholat Witir

Sholat Witir solat yang dilakukan setelah sholat isya, ataupun kita sering melakukannya di waktu selesai sholat tarawih dan diakhiri dengan sholat witir. Sholat Witir sendiri dilakukan dengan jumlah yang ganjil (3 rakaat) dengan minimal 1 rakaat saja.


Masih banyak sekali macam-macam sholat sunnah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Ini sebagian 5 sholat sunnah yang sering kita jumpai yang mungkin kita bisa melakukannya. Hukum dari sholat sunnah sendiri mubah dan dikerjakan sesuai dengan kebutuhan.

#blessedFirday

#jumatberkah

#jagadmedia.id


Posting Komentar

0 Komentar