Ticker

6/recent/ticker-posts

Penting! Inilah Keutamaan Wudhu

JagadMedia - Assalamu’alaikum Wr Wb, kita sering mendengar kata-kata bahwa “Kebersihan sebagian dari Iman” dalam sebuah hadist juga disebutkan bahwa  “Bersuci itu sebagian dari pada Iman” Hadist Riwayat Tarmizi, Ahmad dan Muslim.

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kita selalu menjaga kebersihan, bersih badan, bersih pakaian, bersih rumah, bersih lingkungan dan lain-lain. Bagi kaum Muslim bersih belum berarti suci, namun suci sudah pasti bersih. Hal ini perlu dijaga karena dalam menjalankan shalat, seluruh tubuh kita harus bersih dan suci. Setelah kita mandi membersihkan diri dan tubuh kita sudah bersih, namun kita belum bisa melaksanakan shalat, karena kita belum suci. “wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu melaksanakan sholat, maka basuhkanlah tanganmu dan wajahmu, sampai kesiku dan usapkanlah kepalamu dan basuhlah kedua kakimu sampai ke dua mata kakimu” (Al-Quran dalam surat Al-Maidah ayat 6). Jadi Allah SWT memrintahkan kita untuk menyucikan diri kita sebelum malaksanakan shalat dan hal itu dinamakan dengan berwudhu. Namun dalam keadaan tertentu dimana disekeliling kita tidak ada air, atau karena suatu keadaan kita tidak bisa kena air, kita boleh menyucikan diri kita dengan debu yang dinamakan dengan Tayamum.

Bersih belum berarti suci, suci sudah pasti bersih, wudhu cara untuk bersuci. Alangkah indahnya kalau kita mampu menjaga wudhu sepanjang hari, selain kita dalam kadaan bersih, kita juga senantiasa dalam keadaan suci. Banyak sekali manfaat apabila kita menjaga wudhu dalam kehidupan sehari-hari. Berwudhu mengajarkan kita untuk memulai sesuatu dalam keadaan bersih dan suci. 

Apa saja keutamaan dari menjaga wudhu dalam kehidupan sehari hari. Berikut adalah diantara keutamaan atau manfaat kita menjaga wudhu dalam kehidupan sehari-hari.

1. Sah-nya shalat

Salah satu syarat sahnya shalat adalah berwudhu. Berwudhu dengan air. Namun jika disekeliling kita tidak ada air atau karena suatu keadaan kita tidak bisa terkena air, kita boleh bertayamum.


2. Memulai Dengan Yang Suci


Dengan terjaganya wudhu kita akan terbiasa memulia semua aktifitas dalam keadaan suci, kita dengan sendirinya akan dengan menahan diri dari perbuatan yang melanggar aturan, baik itu aturan agama maupun aturan bermasyarakat, bernegara dan lain-lain.


3. Tubuh Menjadi Bersih

Source : Pinterest

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, kita selalu di sarankan untuk mencuci tangan, namun dengan berwudhu bukan saja tangan yang kita bersihkan, namun mulai dari tangan, mulut, gigi (berukumur-kumur) muka, telinga, tangan hingga kaki.


4. Terhindar Dari Penyakit Kanker Kulit

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa, wudhu bisa mencegah kanker kulit. Dala beraktifitas banyak dari bahan-bahan kimia yang membahayakan menempel di kulit kita. Dengan berwudhu secara periodik, kita mencuci, menggosok kulit yang terbuka, maka zat-zat kimia yang berbahaya bagi kulit akan rontok atau larut dalam air.


5. Tubuh Menjadi Rileks

Salah satu fungsi wudhu adalah mampu merilekskan otot setelah lelah beraktifitas. Ketika siang hari, lelah bekerja atau beraktifitas, maka berwudhu lah, maka otot akan menjadi rileks. Ketika hendak istirahat malam dan hendak tidur, wudhu mampu merileksasikan otot-otot kita menjadi segar kembali. Kualitas tidur akan menjadi lebih baik. 


6. Menstabilkan Detak Jantung


Ketika kita membasahi anggota badan kita dengan air saat berwudhu saat hendak tidur, maka akan membuat detak jantung menjadi stabil. Dengan stabilnya detak jantung, maka kita tidur akan lebih nyaman, lebih nyenyak.


Jadi berwudhu bukan saja menjadi salah satu syarat sahnya shalat saja, namun berwudhu juga berfungsi dalam menjaga kesehatan kita. Semoga kita mampu senantiasa menjaga wudhu dalam beraktifitas sehari-hari, dijauhkan dari segala macam penyakit dan selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Amiin ya Rabbal Alamaiiin.


Writer

Johan Arifin 

Posting Komentar

0 Komentar