Ticker

6/recent/ticker-posts

Simak Yuk! Perwakilan Perwakilan Organisasi Peserta Kongres Pemuda

 


Hai, jagadian. Untuk  memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada hari ini tanggal 28 Oktober. Kali ini mimin ingin membahas mengenai perwakilan organisasi peserta kongres pemuda. Ayo, kita tambah pengetahuan dan informasi mengenai sumpah pemuda.

Para pemuda memiliki peran penting dalam mendukung dan menyengerakan kemerdekaan indonesia, salah satu upaya pemuda yaitu dengan melaksanakan kongres, yang dinamakan kongres pemuda. Kongres pemuda berlangsung dua kali yaitu kongres pemuda 1 dan kongres pemuda 2. Kongres pemuda 1 diselengarakan pada 30 April - 2 Mei 1926, yang dipimpin oleh Muhammad Tabrani dan kongres pemuda 2 diselengarakan pada 27-28 Oktober 1928, dimpimpin oleh Soegondo Djojopoespito. Kedua kongres ini bertempat di Jakarta. Hasil dari kongres pemuda 2 sangat penting karena dengan kongres menghasilkan hasil yang sangat penting yaitu Sumpah Pemuda. 

Kedua kongres pemuda ini dihadirkan oleh beberapa perwakilan organisasi. Nah, berikut ini merupakan perwakilan organisasi peserta kongres pemuda:

1. Jong Batak

 Jong Batak merupakan organisasi yang berasal dari perkumpulan pemuda daerah sumatra, tujuan dari organisasi jong batak adalah agar menjalin hubungan antara pemuda pemuda daerah sumatra dan untuk mengenalkan budaya daerah sumatra. Jong Batak didirikan pada 9 Desember 1917. 

2. Jong Ambon

Jong Ambon merupakan organisasi pemuda ambon ketika masa pergerakan nasional. Jong ambon didirikan oleh J.Kayadu tahun 1918. Tujuan dari organisasi jong ambon adalah menjalin hubungan antara pemuda daerah ambon. Johanes Leimana merupakan tokoh yang berasal dari organisasi Jong Ambon.  

3. Jong Java

Jong Java merupakan organisasi pemuda jakarta. Jong Java semula bernama Tri Koro Dharmo yang didirikan tahun 1915. Tujuan dari organisasi Jong Java adalah untuk menjalin suatu ikatan antara pemuda atau murid sekolah bangsa indonesia. Jong Java ingin agar seluruh anggotanya dapat memiliki rasa cinta tanah air dan budaya nya sendiri. Jong Java di dirikan oleh DR,Satiman Wirjosanjoyo

4. Jong Islamieten Bond

Jong Islamieten Bond merupakan organisasi pemuda islam hindia belanda. Organisasi ini lebih mengedepankan kepada pendidikan agama islam hindia belanda, tujuan dari jong isamieten adalah lebih mengenal dan mempelajari agama islam bagi seluruh anggotanya. Jong Islamieten Bond dibentuk pada 1 Januari 1925 yang bertempat di Jakarta.  

5. Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia

Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia atau pppi dibentuk tahun 1926. Raden Tumenggung sebagai pendiri dari organisasi PPPI. PPPI memiliki tujuan yang mulia yaitu untuk mewujudkan cita cita persatuan indoensia dan organisasi ini ingin supaya Indonesia dapat mempertahankan daerah agar segera mewujudkan kemerdakaan. Organisasi PPPI diketuai oleh Soegondo Djojopoepito. 

Itu dia jagadian perwakilan organisasi peserta kongres pemuda, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan jagadians. Selamat hari sumpah pemuda!

Posting Komentar

0 Komentar