Ticker

6/recent/ticker-posts

Berikut Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Smartphone Bekas!



    JagadMedia - Halo teman-teman Jagad Readers. Bagaimana keadaan kalian? semoga baik-baik saja ya.

    Kali ini, mimin ingin membagikan tips : bagaimana sih  kita mengetahui smartphone yang ingin kita beli dalam keadaan bekas/second? Banyak sekali kita menemukan smartphone bekas dengan harga murah, namun tanpa kita sadari smartphone bekas yang telah kita beli memiliki banyak masalah. Salah satu contohnya terjadi kerusakan pada komponen mesinnya. Alangkah baiknya kita melakukan pengecekan terlebih dahulu.

    Jangan sampai hanya karena terbuai harga yang harus murah, tetapi kita menjadi lalai terhadap kondisi dan performa dari smartphone tersebut. Hal ini kita lakukan dengan tujuan agar kita tetap bisa mendapatkan smartphone bekas dengan kualitas dan performa yang sangat baik, bahkan hampir seperti smartphone dengan kondisi baru.

Hal - hal yang harus kita ketahui sebelum membeli smartphone bekas yaitu sebagai berikut :

1. Mengetahui harga jual di pasaran.

    Sebelum membeli smartphone bekas, kita wajib melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui berapa harga pasaran smartphone yang ingin kita beli.

Picture by : https://www.droidlime.com/

2. Pilih sumber kepercayaan.
    Dalam membeli sebuah smartphone bekas, kita harus mencari sumber terpercaya juga. Hal tersebut berguna untuk meminimalisir resiko akan penipuan, kondisi barang, legalisasi barang, dan lain-lainnya di kemudian hari.

Picture by : https://sumsel.tribunnews.com/


3. Melakukan pengecekan nomor IMEI.
    Bagian ini sangat penting terhadap smartphone yang kita beli. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa smartphone yang kita beli bukanlah barang ilegal, melainkan barang asli. Cara pengecekan IMEI ini cukup dengan menekan *#06# pada dial smartphone.

Picture by : https://smjtimes.com/


4. Mencermati kondisi smartphone yang ingin kita beli.
    Kita harus melakukan pemeriksaan dulu terhadap kondisi fisik smartphone secara menyeluruh dan cermati setiap detail-nya. Cek komponen smartphone seperti touchscreen (layar), baterai, colokan charger dan komponen lainnya. Jangan sampai ketika kita sudah deal, ternyata ada komponen yang rusak pada smartphone yang telah kita beli.

Picture by : https://shopee.co.id/



5. Memilih smartphone bekas yang masih bergaransi resmi.
    Meskipun sebuah smartphone bekas,  biasanya smartphone tersebut baru saja dibeli beberapa bulan yang lalu oleh pemilik sebelumnya dan dijual pada saat masih bergaransi. Disarankan, anda memilih smartphone yang masih bergaransi resmi agar tidak perlu khawatir jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Adanya garansi resmi memperjelas tentang smartphone yang akan kita beli.

Picture by : https://r1.community.samsung.com/

Nah teman-teman semua, saat ini smartphone bukan lagi menjadi barang mewah, melainkan sebuah kebutuhan sehari-hari. Rasanya tidak ada satu orang-pun dari usia produktif yang tidak memiliki smartphone. Saat ini fungsi smartphone tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi saja, namun juga alat bekerja, bisnis, belajar, dan lain-lain.

Namun demikian tidak semua orang punya uang yang cukup untuk membeli sebuah smartphone baru dengan kualitas yang bagus. Salah satu caranya adalah membeli smartphone bekas pakai. Tapi dalam membeli smartphone bekas, kita harus bijak. Jangan terburu-buru, tanya seseorang yang memang sudah paham dengan dunia smartphone. Cari informasi sebanyak mungkin, sesuaikan antara jumlah dana yang tersedia dengan budget yang dimiliki dan yang terpenting adalah belilah smartphone bekas yang legal, memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, dan memiliki kondisi yang prima.

Sekian teman-teman, tips untuk kalian yang ingin membeli smartphone bekas pakai. Jadi bagaimana pendapat kalian tentang tips ini? apakah tips ini sangat membantu? beri pendapat kalian di kolom komentar, semoga tips kali ini bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan, terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Penulis : Johan Arifin

Posting Komentar

0 Komentar