Ticker

6/recent/ticker-posts

Sherlock, Komik Adaptasi dari Series TV Populer dengan Nama yang Sama! #RabuKomik

    

Cover dari komik Sherlock terbitan M&C

    JagadMedia – Hai sobat Jagad, ketemu lagi di #RabuKomik! Siapa sih yang tidak tahu Sherlock Holmes? Novel mystery & crime klasik karya Arthur Conan Doyle ini mempunyai banyak sekali adaptasi dari masa ke masa. Nah, saya ingin membahas salah satu adaptasi dari karya terkenal ini yaitu TV series Sherlock karya Steven Moffat & Mark Gatiss, yang kemudian ditayangkan di BBC dengan bintang utama Benedict Cumberbatch (Berperan sebagai Stephen Strange di Doctor Strange) sebagai Sherlock dan Martin Freeman (Berperan sebagai Agent Everett Ross dalam Black Panther) sebagai John Watson. Bicara soal adaptasi pun, Sherlock BBC ini tidak melenceng jauh dari novel aslinya, oleh karena itu penggemarnya banyak dan popularitasnya selalu meningkat terutama kepada audiens Jepang.


Cast tv series Sherlock


    Bicara soal audiens Jepang, Sherlock sendiri pun ternyata memiliki adaptasi komik dengan judul yang sama sesuai judul setiap episode. Komik ini sendiri pun diterbitkan di majalah Young Ace terbitan Kadokawa. Selain itu, komik ini pun juga masuk ke pasar Indonesia dibawah naungan M&C pada tahun 2017, dengan Jay sebagai Illustrator komik tersebut dan Steven Moffat & Mark Gatiss sebagai penulis naskah untuk TV series serta komiknya sekaligus.

    Untuk segi cerita sendiri, Sherlock BBC adalah remake dari Novel original karya Arthur Conan Doyle. Meski saya bilang ceritanya tidak jauh beda dari novelnya, namun ada beberapa hal yang diubah dalam TV seriesnya seperti setting-nya yang diubah menjadi lebih modern. Mobil dan teknologi seperti laptop dan handphone pun sudah ada dalam TV series-nya, tidak seperti novel originalnya. Namun itulah yang membuat orang-orang tertarik dengan Sherlock versi BBC ini, selain setting-nya yang modern, bagi yang sudah pernah membaca karya aslinya mungkin bisa melihat bahwa kasus-kasus yang ada di dalam novel juga dikemas menjadi lebih modern. Namun, Sherlock BBC sendiri memiliki episode khusus berjudul The Abominable Brideyang setting dari cerita tersebut kembali menggunakan setting-an original seperti yang ada di novel utamanya.

    Jadi bagaimana menurut kamu tentang komik Sherlcok ini? Bagi yang ingin membaca namun kesulitan mencari buku novel originalnya, tentu tidak masalah! Karena seri ini bisa dinikmati tanpa perlu membaca novel original-nya. Mungkin jika sudah pernah membaca novelnya, akan lebih seru ketika melihat beberapa easter egg dan referensi yang dimasukan.

Jangan lupa beri pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ya! Terima kasih, dan happy reading!

Penulis : Vania Aurelie

Posting Komentar

0 Komentar